KOLAK AYAM KHAS GRESIK | OPINI.id

Banyak orang beranggapan jika kolak itu berasa manis, tapi tradisi Gresik ini 'Kolak Ayam' tidak manis dan tidak nampak seperti kolak pisang yang sering disantap di saat buka puasa.

Asal Mula

Tradisi ini berasal dari Desa Gumeno, Kabupaten Gresik Jatim. Konon telah berlangsung sekitar lima abad. Lima abad itu 500 tahun, rata-rata usia manusia 60 tahun... wew 10 generasi lebih! Tradisi ini disebut sanggringan. Tradisi ini bisa merekatkan kebersamaan warga karena dibuat secara bersama-sama. Konon tradisi ini dilakukan ketika Sunan Dalem sakit. Sunan Dalem meminta kepada warga mengupayakan obat untuk kesembuhannya. Warga tidak ada yag tahu, namun Sunan Dalem mendapat petunjuk dari yang Maha Kuasa untuk membuat masakan obat. Esok harinya Sunan Dalem membawa seekor ayam jago usia tiga tahun, dan warga memasaknya seperti masakan kolak ayam sekarang ini.

Pelaksanaan

Memasak kolak ayam ini dilaksanakan pada malam ke 23 ramadan. Tahun 2018 ini malam 23 ramadan jatuh pada tanggal 7 Juni. Pada malam 21 warga sudah belanja semua bahan-bahan dan mengatur pelaksanaanya nanti. Koki harus laki-laki, tidak boleh perempuan. Ayam olahan dimasak dengan bahan bakar kayu bakar. Ayam kampung yang dimasak bisa berjumlah 200an ekor...wow! Bahan-bahannya selain ayam adalah santan, bawang daun, gula merah kelapa, jintan dan tentunya air.

Makna Kolak Ayam

Sebutan 'Kolak Ayam' sebenarnya berasal dari bahasa arab yaitu kholaqul ayyam yang artinya mencari berhati-hati. Makna mencari di sini adalah seperti disebutkan sebelumnya yaitu mencari obat buat Sunan Dalem secara hati-hati. beragam sumber

Kamu pernah makan/buat kolak ayam?
Pernah
Belum Pernah
Ragu-ragu
50 votes

Komentar

Fresh