Geram Banyak Acara Alay, MUI Protes | OPINI.id

Ramadan 2018 banyak banget program-program acara yang ada di televisi gak sesuai dengan spirit Ramadan. Gak heran, kalau Majelis Ulama Indonesia (MUI) protes dan minta dihentikan acara alay tersebut

Foto: Wahyu Noerhadi

MUI Pantau Tayangan Ramadan

Protes dan himbauan untuk menghentikan beberapa program acara di stasiun televisi selama Ramadan oleh MUI bukan tanpa alasan. Soalnya, MUI udah memantau tayangan selama 10 hari bulan Ramadan di 15 stasiun televisi Indonesia. Pemantauannya dilakukan sama 4 komisi MUI. Fatwa Pengkajian & Penelitian, Pendidikan, dan Infokom. Kegiatan pemantauan ini udah dilakukan oleh MUI sejak tahun 2007. Hasilnya, ujar Rida, ada tiga stasiun televisi yang mendapat kritik keras dari MUI karena program-programnya tak sejalan dengan spirit Ramadan, yaitu ANTV, Trans TV, dan Trans 7.

Pesbukers Tak Hadirkan Suasana Religius

Menurut Rida Hesti Ratnasari selaku Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI. Program Ramadan di ANTV yang paling disesalkan adalah reguler Pesbukers yang diberi bingkai Ramadan jadi Pesbukers Ramadan. Ditambah lagi Sahurnya Pesbukers. Program yang diisi sejumlah artis seperti Raffi Ahmad, Ayu Tingting, Eko Patrio, Zaskia Gotik, hingga Caisar kerap bercanda merendahkan orang lain secara verbal. Apalagi ada segmen joget selfie. Semua isi acaranya ini lebih dominan ke hura-hura ketimbang segmen bermuatan edukasi. Program ini disarankan MUI agar diberi sanksi berat dengan menyetop tayangan. "Karena mengusung label terkait Ramadan, tapi isinya jauh dari semangat Ramadan," jelas Rida.

Brownis Sahur dan Ramadan di Rumah Uya

Gak cuma ANTV yang kena kritik terkait program berbalut Ramadan tapi isinya sampah.Acara lainnya, Brownis Sahur yang suka menyajikan komedi,talk show, reka adegan, nyanyian dan joget bersama. Ditambah lagi acara ini kerap membuka air asmara Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. Trans 7 juga kena teguran terkait program Ramadan. Salah satu acaranya adalah Program Rumah Uya yang dipandu sama Uya Kuya pukul 16:00 sampai menjelang adzan Maghrib. Menurut Rida, program ini isinya mengundang tamu bermasalah, terkait relasi percintaan, perselingkuhan dan persoalan rumah tangga lainnya. Rida menyayangkan program-program ini tayang merusak spirit Ramadan. Dia mengatakan program positif lainnya yang tayang di tiga stasiun televisi tersebut menjadi tertutup lantaran 'ulah' program-program ini.

Kamu setuju gak kalau program-program alay ini dihentikan?
Setuju banget
Gak setuju, banyak yang suka
1311 votes

Komentar (9)

Fresh