5 Tips Biar Gak Kalap Belanja Idul Fitri | OPINI.id

Lebaran sebentar lagi tiba. Ada banyak kebutuhan yang menanti untuk dipenuhi mulai dari pakaian, sepatu, sendal, kue lebaran, menu lebaran, angpao dan perabot lebaran lainnya. Semua ini tentunya bakal dipenuhi di pekan terakhir Ramadhan seperti saat ini. Nah, biar tidak boros dalam berbelanja selama pekan ini, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan:

1. Catat semua kebutuhanmu

Banyak dari kita tidak paham betul perbedanaan kebutuhan dan keinginan. Oleh sebab itu, mencatat semua kebutuhan yang perlu dibeli jelang Lebaran sangat dianjurkan. Dengan mencatat apa yang jadi prioritas berdasarkan kebutuhan, kamu telah melakukan langkah awal yang sangat menetukan untuk penghematan. Hidari memasukkan dalam daftar belanjaan hal-hal yang sifatnya hanya keinginan semata.

2. Sisihan kelebihan budget Lebaran

Perencanaan yang matang untuk pemenuhan kebutuhan Lebaran yang baik tentu menyisakan anggaran. Karena itu, sangat dianjurkan untuk menyisihkan sisa anggaran Lebaran langsung begitu budgeting dibuat. Sisihkan sisa anggaran ini di instrumen yang menguntungkan dan likuid serta fleksibel, seperti IPOTPAY, yang memberikan imbal hasil lebih dari tabungan dan deposito yaitu hingga 10% per bulan. Sudah untuk returnnya tinggi, uang di IPOTPAY ini bisa diambil kapan saja dan dapat digunakan untuk banyak pembayaran, pembelian, top-up e-wallet dan gratis transfer ke semua bank.

3. Jangan tergiur diskon

Jelang Hari Raya Idul Fitri diskon dan promo besar-besaran ditawarkan banyak toko, entah toko online maupun offline. Agar konsisten tidak tergiur diskon, berpatokanlah dengan list kebutuhan yang sudah dibuat. Namun apabila ada diskon yang menawan sesuai dengan kebutuhan yang sudah didaftar, tentu sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan momen diskon tersebut.

4. Bawa uang tunai secukupnya

Saat berbelanja, alangkah baiknya selalu membawa uang tunai secukupnya sesuai list kebutuhan yang sudah dimiliki. Membawa uang tunai secukupnya menjadi cara paling pas untuk terhindar dari kalap belanja atau lapar mata. Sangat dianjurkan pula tidak membawa kartu kredit. Membawa kartu kredit hanya akan membuatmu boros karena merasa aman saat berbelanja dan tidak perlu memikirkan pembayaran pada saat itu juga.

5. Tanamkan Mindset untuk hemat

Kata hemat harus terpatri di benak pikiran agar tidak gampang berbelanja. Kendati menerapkan mindset ini sulit dilakukan untuk beberapa tipe orang yang nafsu belanjanya gede, hal ini perlu dicoba dengan kontrol orang terdekatnya, entah suami atau anak-anak yang sudah bisa memahami pentingnya hemat.

Komentar

Fresh