WASPADA, Tanda Awal Kamu Diabetes | OPINI.id

Diabetes atau kencing manis adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Tapi penyakit yang satu ini lebih berbahaya dari yang lain, karena satu faktor, gejalanya suka dihiraukan banyak orang. Mungkin karena dianggap bukan gejala penyakit, inilah mereka.

GAMPANG HAUS

Kalau kamu lebih gampang haus daripada biasanya padahal cuaca ga lagi panas, kamu ga lagi banyak keluar keringat, ini adalah tanda kuat gejala diabetes. Hal ini karena penderita diabetes akan lebih banyak buang air kecil.

NAFSU MAKAN TINGGI

Kalau nafsu makan kamu lebih tinggi daripada biasanya. Bahkan ada yang belum lama makan sudah lapar lagi, ini gejala kuat diabetes. Hal ini terjadi karena tubuh sudah sulit mengatur kadar gula dalam darah, sehingga otak kita bisa salah mengartikan sinyal kadar gula dalam darah.

BANYAK BUANG AIR KECIL

Kelebihan kadar gula dalam tubuh, mengakibatkan tubuh berusaha mengeluarkan gula tersebut lewat urin. Oleh karenanya penderita diabates akan jauh lebih sering buang air kecil.

BERAT BADAN TURUN

Turun berat badan itu baik, tapi bila terjadi tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, ini adalah gejala diabetes. Penyebabnya ? tubuh penderita diabetes susah mengidentifikasi kadar gula dalam darah, kadang tubuh mengira dirinya kekurangan gula/energi, akibatnya tubuh mengubah lemak jadi energi.

KULIT MENGHITAM

Kulit menghitam di sekitar leher atau ketiak adalah gejala penderita diabetes, buka daki atau jorok. Hal ini diakibatkan perubahan hormon dalam tubuh akibat diabetes.

LUKA SUSAH SEMBUH

Kebanyakan gula adalam darah, pada penderita diabetes, akan menghambat sirkulasi darah. Akibatnya luka jadi lebih lama sembuh, karena aliran trombositnya kurang.

Kamu memiliki salah satu dari keenam tanda ini ? Segera ke dokter ya !
Waduh, iya nih
Nggak
4030 votes

Komentar

Fresh