Hemat Belanja Online Kebutuhan Lebaran | OPINI.id


Jelang Lebaran banyak kebutuhan yang perlu dibeli mulai baju, sepatu, kue, parcel, bahan masakan hingga perabotan baru. Untungnya, semua kebutuhan ini bisa didapatkan dengan mudah dengan kehadiran toko-toko online. Rasanya, apa pun yang kita butuhkan, dengan gampang ditemukan di toko-toko online. Meski mudah dan praktis, belanja online perlu dilakukan dengan cerdas agar tidak kalap dan boros:

1. Manfaatkan diskon dan promo

Banyak toko online menawarkan diskon yang menggiurkan untuk banyak kebutuhan Lebaran. Prinsipnya, pilih lah toko online yang benar-benar memberikan diskon. Bukan model didiskon setelah harga dinaikkan. Promo bisa juga didapatkan melalui kartu kredit.

2. Gunakan kupon dan kode voucher

Kalau yang ini biasnaya perlu diburu di situs-situs khusus yang biasanya menyediakan kode voucher untuk berbagai potongan harga di toko online tertentu. Kode voucher juga bisa didapatkan dengan memantengi media sosial, entah Fans Page atau Instagram mereka. Kode voucer juga bisa didapatkan dengan cara bergabung dengan salah satu mailing list e-commerse favoritmu.

3. Rajin membandingkan

Gunakan lah situs-situs pembanding harga yang kini sudah marak. Langkah ini adalah langkah cerdas sebelum kamu memutuskan utuk membelinya agar mendapatkan harga yang terbaik.

4. Hindari ongkos kirim

Hari gini masih mikirin ongkos kirim? Sudah banyak lho e-commerce yang memberikan gratis ongkir (ongkos kirim). Pilihan tentu perlu dijatuhkan pada e-commerce yang demikian ini.

5. Cek kebijakan pengembalian

Beberapa e-commerce tidak menerima pengembalian barang, sementara e-commerce lainnya ada yang menawarkan pengiriman kembali secara gratis. So, perhatikanlah kebijakan yang ada di tiap e-commerce biar tidak menyesal belakangan.

6. Manfaatkan gratis transfer

Transfer uang beda bank untuk pembelian barang belanjaan biasanya tidak gratis. Oleh sebab itu, untuk memastikan transfer untuk pembayaran belanjaan onlinemu benar-benar gratis meski beda bank, gunakankah aplikasi-aplikasi modern, seperti IPOTPAY, yang menawarkan layanan gratis antar bank, tanpa limit dan real-time.

Komentar

Fresh