Percaya Gak Ada Cara Mati Suri? | OPINI.id

Buat kamu yang suka nonton film scifi seperti Prometheus, Alien Covenant pasti tau adegan para pilot ditidurkan dan disadarkan jika sudah tiba di tujuan.

Nah, itu prosesnya katanya seperti mati suri. Berarti ilmuwan udah berhasil nemuin cara mati suri dong?

Hibernasi = Mati Suri

Beruang, dan hewan-hewan lainnya pun suka berhibernasi. Ini adalah kemampuan hewan untuk bangun kembali dari tidur panjangnya. Semua tergantung kemampuan masing-masing individu. Tahun 2006, seorang pria 35 tahun diselamatkan di gunung bersalju di Jepang setelah dinyatakan hilang selama 24 hari. Dia sepertinya selamat dengan memasuki keadaan mati suri, yaitu organ-organnya mati, suhu tubuhnya turun jadi 71 derajat dan metabolisme tubuhnya melambat nyaris berhenti. Usai itu, pria tersebut mengalami pemulihan penuh.

Ilmuwan Temukan Gas Tidur

Bicara mati suri, ataupun adegan tidur (hibernasi) dalam kapsul seperti di film scifi, sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah oleh ilmuwan. Seperti dilansir livescience, manusia punya kemampuan dan potensi untuk melakukan hal tersebut. Hidrogen Sulfida, Gas Tidur. Mark Roth seorang ahli biologi sel dari pusat riset kanker di Seattle, US mengatakan jika gas hidrogen-sulfida adalah kunci untuk bikin tubuh jadi mati suri. Bahkan ujicoba sudah dilakukan sama beberapa tikut laboratium di tahun 2005. Tubuh tikus berhenti dan suhu tubuhnya turun. Namun setelah diberikan udara normal, tikus ini kembali normal dan sadar.

Kamu sendiri percaya gak sama mati suri?
Percaya
Gak percaya
406 votes

Komentar (1)

Fresh