Hebohnya Gaji 112 Juta Megawati | OPINI.id


Waduh, anak Presiden Soekarno sekaligus mantan Presiden RI ke-5 ini punya gaji Rp 112 juta di BPIP. Bahkan, Jokowi sudah mensahkan lewat Perpres.

Jokowi Teken Perpres Gaji 112 Juta Megawati

Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan presiden nomor 42 tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Pimpinan, Pejabat, dan Pegawai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Lewat Perpres yang diteken Jokowi 23 Mei lalu ini, maka resmi sudah pimpinan,pejabat dan pegawai BPIK akan mendapatkan hak keuangan beserta fasilitas. Seperti dikutip dari Perpres 42/2018 yang diunduh dari situs setneg.go.id, Senin (28/5/2018), Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP dapat hak keuangan atau gaji Rp 112.548.000 per bulan. Keberuntungan gak cuma buat Megawati aja, tapi juga bagi Anggota Dewan Pengarah yang masing-masing dapat Rp 100.811.000 setiap bulan. Belum lagi yang lainnya. Seperti Kepala BPIP Yudi Latif yang dapat Rp 76.500.00 setiap bulannya, dan seterusnya. Waduh, enak banget ya, pancasilais dapet gaji gede-gede banget.

Apa Sih BPIP Itu?

Mungkin banyak yang bertanya, apa sih BPIP. Ini adalah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP). Badan ini baru didirikan di era Jokowi lewat Perpres Nomor 7 tahun 2018. Tugasnya BPIP sebenarnya sederhana, yaitu membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. Cikal bakalnya pada Mei 2017 lalu, dimana Jokowi membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Tapi, Februari 2018 Jokowi pun meningkatkan statusnya jadi Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP).

Golkar Protes Gaji Megawati

Secara rasional, gaji Megawati selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) dan bawahannya lebih besar ketimbang gaji Presiden dan Wakilnya. Inilah yang menimbulkan sejuta tanda tanya dan pertanyaan dari berbagai pihak, salah satunya adalah dari partai Golkar. Menurut Ketua DPP Golkar kepada wartawan, perlu ada penjelasan terkait ini. "Perlu ada penjelasan dan rasionalisasi dari besaran gaji pengarah BPIP tersebut," jelas Ace Hasan.

Kamu sendiri setuju gak gaji para anggota BPIP ratusan juta rupiah?
Gak setuju
Setuju
1344 votes

Komentar (7)

Fresh