HAL NGEJUTIN YANG DITEMUKAN DI ANGKASA | OPINI.id

Para pengamat luar angkasa baru-baru ini menemukan beberapa hal yang sangat luar biasa. Penemuan-penemuan baru ini bakal sedikit mengubah pandangan kamu tentang luar angkasa.

LAMA PUTARAN GALAKSI

Galaksi itu berputar dan para peneliti akhirnya bisa menyimpulkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk sebuah galaksi melakukan 1 putaran penuh. Jawabannya adalah 1 miliyar tahun.

KEBERADAAN BLACK HOLE

Di tahun ini peneliti dikejutkan oleh ratusan black hole yang ditemukan di galaksi bima sakti/milky way kita. Peneliti baru menemukan fakta ini karena black hole itu kasat mata apabila tidak sedang menelan planet atau bintang.

TABRAKAN GALAKSI

Di tahun ini peneliti dikejutkan oleh setitik sinar di ujung angkasa. Setelah diteliti ternyata ada 14 galaksi yang sedang bertabrakan. Dan lebih hebatnya lagi, tabrakan ini terjadi 12 miliyar tahun yang lalu dan baru dapat dilihat sekarang.

ASAL MUASAL PLANET

Di tahun ini juga peneliti menemukan bintang muda yang dikelilingi debu angkasa berbentuk donat. Debu angkasa ini nantinya akan berubah menjadi planet-planet yang akan mengorbit di bintang muda ini.

PETA BIMA SAKTI

Sebuah satelit bernama gaia saat ini sedang mencoba memetakan galaksi bima sakti yang kita tinggali. Luar biasanya, gaia menemukan ada 1,7 miliar bintang di galaksi kita. Tapi yang lebih luar biasa adalah gaia baru memetakan 2% dari seluruh galaksi bima sakti.

Makin Takjub Dengan Angkasa ?
Iyalah
Biasa saja
Gak tuh
7411 votes

SUMBER

https://www.space.com/40276-dusty-disks-planet-formation-nearby-stars.html https://www.livescience.com/62407-star-map-milky-way.html http://www.sci-news.com/astronomy/galaxies-behave-like-clocks-05817.html http://www.bbc.com/news/science-environment-43841025

Komentar (10)

Fresh