Tips Untuk Pendaki Pemula | OPINI.id

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menantang dan sangat menyenangkan. Mungkin bagi kalian yang ingin mendaki tetapi sebelumnya tidak pernah mendaki atau takut mendaki dengan alasan pemula? Menjadi seorang pemula bukanlah hal yang tepat untuk tidak mendaki. Berikut tips untuk pendaki pemula simak ya :

Persiapan Peralatan Untuk Mendaki

Kita harus menyiapkan peralatan apa saja yang digunakan saat mendaki. Yang pasti peralatan standar saat mendaki seperti sandal atau sepatu yang cocok untuk digunakan saat mendaki, tenda, sleeping bed, alat masak, nesting, dan lain sebagainya. Peralatan mendaki setiap orang bisa sama ataupun berbeda tergantung jenis gunung dan jenis orangnya.

Persiapan Fisik - Olahraga

Suatu yang kadang dilupain sama orang-orang yang excitement nya terlalu tinggi pas tau mendaki. Menyiapkan mental aja belum cukup namun harus menyiapkan fisik yang matang. Mulai dari olahraga kecil-kecilan seperti lari setiap pagi atau sore atau naik turun tangga. Persiapan kecil-kecilan ini sudah cukup menjadi bekal kalian nanti dalam melewati terjalnya medan pendakian.

Aklimatisasi

Tubuh kita memerlukan aklimatisasi sebelum mendaki karena hiportemia bukan cuma di kutub utara. Bisa jadi kita mengalami hiportemia saat mendaki. Jadi badan kita perlu mengetahui kondisi gunung seperti tingkat dinginnya seberapa atau kondisi alamnya gimana. Agar kita siap sebelum pendakian dimulai.

Berdoa Sebelum Mendaki

Demi kelancaran pendakian terutama ketentraman di hati kita. Sebaiknya kita berdoa sebelum mendaki. Kekuatan doa bisa menyelamatkan kita dari segala bahaya. Doa bukan hanya pada saat sebelum mendaki tetapi juga ketika sedang mendaki maupun setelah mendaki agar semuanya dilancarkan dan selamat sampai tujuan.

Bawa Turun Sampah !!

Kebiasaan para pendaki zaman sekarang dengan tetap meninggalkan sampah dengan tidak membawanya turun. Ini salah satu kebiasaan para pendaki yang sangat susah dihilangkan. Karenanya sudah banyak gunung yang menjadi bukit sampah. Kita harus tetap menjaga kebersihan dimanapun kita berada ya.

Kabari Orang Terdekat

Orang terdekat bukan hanya keluarga, bisa jadi gebetan, pacar, temen, atau siapa saja. Tapi kalau bisa ya keluarga dulu guys. Karena yang paling khawatir pasti keluarga kita terutama orang tua. Alangkah baiknya untuk mengabari mereka setelah turun gunung dan dapat sinyal. Agar mereka tenang dan tidak terlalu khawatir.

quote-mark

Itulah beberapa tips-tips untuk pendaki pemula. Selamat mencoba guys! Sumber : www.jalanpendaki.com

Komentar

Fresh