5 Manfaat Puasa Bagi Tubuh Kita | OPINI.id

Tahukah kamu kalau ternyata puasa juga punya manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita? Kalau belum tahu, yuk simak ulasan berikut perihal manfaat puasa untuk tubuh kita dalam artikel kali ini. Berpuasa itu, khususnya di bulan Ramadan, memiliki banyak dampak positif bagi tubuh kamu. Biar kamu tidak penasaran dengan manfaatnya, mari, simak pembahasannya berikut!

Puasa memang baik untuk kesehatan tubuh. Mitos atau Fakta?
Mitos
Fakta dong!
1 votes

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Mark Mattson, seorang peneliti ilmu syaraf di National Institute of Aging (Amerika Serikat) telah meneliti dampak puasa bagi kinerja otak. Menurutnya, berpuasa tak hanya meningkatkan fungsi otak, melainkan juga dapat menunda timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer. Jadi, manfaat puasa secara tak langsung menghindarkan diri terkena dua penyakit tersebut. Selain itu, kamu akan memiliki kemampuan memori yang cukup kuat.

Membakar Lemak Jahat di Dalam Tubuh

Selama delapan jam berpuasa, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi dalam sehari terbakar habis. Setelah itu, tubuhmu akan memanfaatkan lemak untuk mendapatkan energi. Saat sahur dan berbuka harus makan makanan campuran protein, lemak, dan karbohidrat secukupnya. Agar kamu tidak mengendapkan terlalu banyak karbohidrat dan gula dalam tubuh. Bila kamu makan berlebihan, justru malah membuat tubuhmu menggemuk.

Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia

Untuk kamu yang ingin meningkatkan potensi pertumbuhanmu maka berpuasa adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Sebab, berdasarkan penelitian dari American College of Cardiology di New Orleans diketahui bahwa berpuasa dapat memicu kenaikan hormon pertumbuhan manusia (HGH), 1300 persen pada wanita, dan kenaikan 2000 persen pada pria. HGH itu penting untuk pertumbuhan manusia lantaran hormon tersebut membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot. Selain itu, HGH membuat tubuh untuk mengatur metabolisme dan memanjangkan umur. Tentunya, disarankan untuk tetap menyantap makanan dengan gizi seimbang saat berpuasa bila ingin memaksimalkan potensi pertumbuhan diri, ya. Jangan sampai berlebihan makan, baik saat sahur maupun ketika berbuka.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat puasa adalah mengistirahatkan organ-organ pencernaan. Fungsi fisiologi organ-organ pencernaanmu tetap berjalan secara normal, khususnya fungsi produksi sekresi pencernaan. Jumlah makanan yang harus dicerna berkurang saat berpuasa menyebabkan tubuh mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, proses pemecahan makanan jadi lebih stabil dan pelepasan energi akan mengikuti pola yang semestinya. Hal itu menyebabkan sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Dampak setelah kamu berpuasa selama sebulan penuh ialah sistem pencernaan akan menjadi efisien dan lebih sehat. Dengan begitu, kamu akan merasakan tubuhmu mampu mencerna makanan dengan lebih baik sebelum berpuasa.

Apakah kamu tetap menjalani puasa secara rutin (Misalnya: Senin dan Kamis) di luar bulan Ramadhan?
Iya
Tidak
Kadang-kadang
187 votes

Mengurangi Potensi Hipertensi

Selama kamu berpuasa, simpanan glukosa dan lemak digunakan untuk menghasilkan energi, tingkat metabolik tubuh berkurang, hormon seperti adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang. Hal tersebut membuat metabolisme tubuh kita dalam batas yang stabil sehingga dampak akhirnya ialah penurunan tekanan darah. Tentunya, hal itu membuat kamu terhindar dari potensi terkena penyakit hipertensi. Sebab, peredaran darahmu selalu lancar dan tidak ada zat yang berpotensi menyumbat aliran darahmu. Adapun, dengan lancarnya peredaran darah, kamu juga secara tak langsung terhindar dari potensi penyakit jantung. Wah, keren banget ya manfaat puasa bagi tubuh kita!

Komentar

Fresh