Tips Bersihkan Pasir Seusai Mandi Laut | OPINI.id

Jalan-jalan ke pantai tidak akan lengkap rasanya kalau tidak mandi di lautnya. Bagaikan sayur tanpa garam, pastinya kurang sedap. Namun, hal yang bikin sebal saat mandi adalah pasir. Pastinya membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkan pasir-pasir yang melekat pada pakaian kita. Nah, berikut ini beberpa tips berdasarkan pengalaman penulis untuk mengatasi salah satu problema “pantaiers.”

1.Bilas dengan air bersih

Setelah mandi di laut, sebaiknya bilas pakaian kita dengan air bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran (seperti pasir) yang terlihat dan pada tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, dengan membilas pakaian dengan air bersih dapat mengurangi bau laut pada pakaian.

2.Jemur pakaian

Pakaian seusai mandi laut akan lebih mudah dibersihkan dalam kondisi kering karena kelekatan pasir berkurang pada kondisi ini. Maka dari itu, menjemur pakaian akan memudahkan kita untuk membersihkan pasir. Sebaiknya tidak menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari karena akan menimbulkan bau amis yang menyengat.

3.Bersihkan pakaian

Setelah pakaian kering, kita akan lebih mudah dalam membersihkan pasir. Bersihkanlah pasir yang melekat pada pakaian seperti di kantong dan lipatan pakaian. Kibas-kibas terlebih dahulu pakaiannya lalu dilanjutkan dengan menggunakan sikat cuci pakaian atau sikat yang berukuran lebih kecil seperti sikat gigi. Setelah itu, kibaskan lagi.

4.Cuci seperti biasa

Langkah selanjutnya adalah mencuci pakaian seperti biasa. Sebaiknya mencuci secara manual (tenaga manusia) karena pasir yang “berhasil lolos” dapat merusak mesin cuci itu sendiri. Rendam pakaian pada air bersih dengan sabun cuci sesuai aturan penggunaan. Kucek atau sikat pakaiannya dan bilas. Akan lebih sempurna apabila ditambah dengan merendam pakaian pada pewangi untuk menghilangkan bau amis dan membuat pakaian lebih wangi.

Komentar

Fresh