Gampang Menangis? Simak Faktanya | OPINI.id

Menangis adalah respon emosional seseorang yang bisa berarti sedih dan senang. Menangis juga bisa dilambangkan sebagai kelemahan dan hanya mereka yang pemberani yang menunjukan air mata. Berikut faktanya

Kebal dari stress

Menangis adalah katarsis -yang merupakan salah satu teknik untuk menyalurkan emosi yang terpendam meskipun menangis tidak dapat memecahkan masalah. Tapi menangis telah terbukti secara ilmiah dapat membuat kamu merasa lebih baik. Menangis adalah salah satu proses pemulihan tubuh dari tekanan emosi dimana zat kimia stress yang dibuat oleh tubuh akan terbilas oleh air mata untuk mengurangi stress.

Menangis baik bagi kesehatan

Tidak hanya secara emosional tapi untuk fisik menangis bisa berpengaruh. Menangis dapat melembabkan mata, mencegah dehidrasi, membunuh bakteri, dan dapat membuang racun dalam tubuh.

Menangis Mencegah Agresifitas

Ketika kita pada puncak amarah dan emosi, kita aka cenderung melakukan hal-hal yang agresif tanpa kita sadari. Dengan menangis hal-hal yang tidak kita ingin tersebut akan mereda.

Memberikan Ketenangan

Ada sebuah penelitian di Amerika dan Belanda yang membuktikan bahwa kebanyakan orang akan merasa tenang dan lebih baik pasca mereka menangis. Dan hanya 1 banding 10 yang berbeda.

Menangis membuktikan kamu adalah orang YANG KUAT

Ada beberapa orang ketika mereka berada dititik terendah dalam hidup mereka dan menutupinya juga berpura-pura, malah dengan sikap yang menutupi tersebut akan menyakiti diri sendiri. Tapi bagi orang-orang yang mudah mengeluarkan air mata mereka adalah orang yang kuat dan justru menandakan mereka memiliki kendali atas emosinya dengan baik.

quote-mark

Menangislah ketika kau merasa sedih dan Menangislah dengan senyuman ketika kau bahagia- AES

Sumber

https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/orang-yang-sering-menangis-kuat-mentalnya/ https://dosenpsikologi.com/fakta-psikologi-tentang-menangis

Komentar

Fresh