Panci Yang Berbahaya Untuk Kesehatan | OPINI.id

Panci masak adalah alat yang esensial untuk memasak makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Masalahnya ada panci yang sebenarnya berbahaya untuk kesehatan kita, tapi banyak digunakan.

Panci Teflon

Lapisan teflon PTFE yang merupakan polimer plastik dapat menjadi racun ketika dipanaskan di atas 300 derajat celcius. Lapisan lain adalah PFOA, PFOA di panci teflon memang sangat kecil, tapi PFOA dalam jumlah besar menyebabkan kanker payudara dan prostat.

Panci Aluminium

Aluminium kuat, ringan dan murah, makanya banyak sekali panci aluminium dijual di pasaran. Tapi konsumsi partikel aluminium dalam jumlah besar bisa menyebabkan penyakit saraf, seperti alzheimer.

Panci Tembaga

Panci tembaga memang terlihat cantik dan punya kemampuan konduktif yang bagus. Nah masalahnya tembaga bisa terkelupas apabila digunakan memasak makanan asam. Dan bisa jadi racun berbahaya ketika dikonsumsi tubuh.

Panci Granit

Panci dengan lapisan granit memang tidak punya zat berbahaya. Masalahnya lapisan granit mudah terkelupas. Ketika terkelupas panci ini tidak boleh digunakan lagi, karena zat di bawah lapisan granit tersebut biasanya bahan murah dan berbahaya.

Panci Berlapis Keramik

Keramik seperti granit tidak berbahaya. Tetapi lapisan keramik akan mudah terkelupas setelah dipakai sekitar 7 bulan. Kembali zat pada bahan di bawah lapisan keramik biasanya berbahaya bagi kesehatan.

Jadi Panci Apa Yang Aman Buat Kesehatan Kita Dalam Jangka Panjang ?

Ada beberapa panci yang aman kita gunakan, mereka adalah panci kaca, panci stainless steel, dan panci yang 100% keramik.

Apakah kamu masih menggunakan panci-panci berbahaya yang disebutkan sebelumnya ?
Waduh, iya
Sudah enggak dong
4112 votes

SUMBER

https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/teflon-and-perfluorooctanoic-acid-pfoa.html http://info.cmsri.org/aluminum-and-your-health-blog/aluminum-readily-apparent-in-alzheimers-disease-brain-tissue https://en.wikipedia.org/wiki/Copper_toxicity https://en.wikipedia.org/wiki/Lead_poisoning

Komentar (14)

Fresh