Inilah Hikmah dari Puasa Ramadhan | OPINI.id

Ramadhan merupakan ibadah wajib yang hanya datang dalam satu tahun sekali yakni pada bulan ramadhan. Pada bulan suci ini adalah saat yang dinantikan setiap tahunnya karena ada banyak moment seru yang beda dengan bulan-bulan lainnya seperti momen sahur bersama, ngabuburit dan banyak keseruan lainnya. Selain momen seru, puasa di bulan suci ini juga memiliki banyak manfaat dan hikmah puasa di bulan ramadhan? berikut ini manfaatnya akan kami rangkum untuk anda ketahui :

1. Puasa dibulan suci Ramadhan membuat Sistem pencernaan lebih sehat

Sistem pencernaan juga dapat menjadi lebih sehat dengan berpuasa. Selama tidak makan dan minum, karena jumlah yang perlu dicerna berkurang, hal ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Puasa dibulan suci Ramadhan bisa Menstabilkan berat badan

Puasa ramadhan bisa bermanfaat untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal dan mengontrol badan agar lebih sehat. Cukup makan dan minum saat berbuka dan sahur, sehingga dapat menurunkan berat badan secara sehat dan alami.

3. Puasa dibulan suci Ramadhan membuat kita jadi Berhemat

Puasa ramadhan seringkali membuat kita lebih senang di dalam rumah aja, jadi malas kemana-mana karena hanya akan membatalkan puasa yang disebabkan oleh letih di perjalanan. Dari kegiatan yang sehari-harinya cuma di rumah aja inilah menjadikan uang di dompet utuh, tanpa harus pergi hangout sana-sini, beli cemilan, ngopi, atau biaya bensin.

4. Puasa dibulan suci Ramadhan bisa Meningkatkan hubungan antar sesama manusia

Dengan puasa, orang akan menjadi lebih sadar bagaimana rasanya menjadi orang lapar dan tidak mampu namun kemudian dapat berbuka puasa. Hal ini akan meningkatkan rasa syukur dan membuat rasa kebersamaan dengan umat manusia akan meningkat.

5. Puasa dibulan suci Ramadhan Bulan Penghapus dosa kita

Saat bulan suci ramadhan inilah pintu taubat dibuka selebar-lebarnya oleh Allah SWT. Di bulan ramadhan ini juga perbanyaklah amal kebaikan, dan hindari maksiat sekecil apapun.

6. Kemenangan

Puasa ramadhan selesai, hari kemenangan pun datang. Hari raya umat muslim. Namanya “Hari Raya” yang berarti hari besar, maka dari itu nikmatinlah hari kemenangan ini dengan rasa syukur. Nah itulah beberapa manfaat dari puasa ramadhan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dibagikan keteman-teman kalian yang muslim ya agar puasanya semakin semangat! Terima kasih Penulis : Fijay sumber https://www.zeropromosi.com/2018/05/manfaat-dan-hikmah-puasa-di-bulan.html

Komentar

Fresh