7 Kiat Mantap Menyambut Puasa | OPINI.id

Apa sih yang kamu rasakan ketika puasa di bulan Ramadan? Panas? Haus? Lapar? Atau mengantuk?

Kalau kamu merasakan salah satu atau semuanya itu, kali ini kita punya kiat-kiat asik untuk mengatasi semuanya itu.

Dengan begitu, ibadah puasamu menjadi menyenangkan. Yuk, simak informasinya berikut!

Aktivitas harian kamu terganggu nggak saat puasa?
Hmm paling haus aja sih
Iya nih jadi lemes gitu :(
Nggak! sama aja kok :)
Jadi gampang ngantuk
138 votes

Makan Sahur Saat Menjelang Imsak

Sebab, dengan kita makan menjelang imsak, tenaga dari makanan yang sudah dimakan akan mampu bertahan hingga berbuka nanti. Tapi ingat ya Quipperian, bukan berarti kamu berleha-leha hingga menunggu dekat imsak. Kalau kamu sudah bangun jauh sebelum imsak, ada baiknya kamu isi kegiatanmu dengan membantu ibu mempersiapkan makan sahur atau membaca materi di Quipper Video.

Makan Sahur dengan Makanan Berkarbohidrat dan Berprotein

Soal makanan sahur, ada baiknya kamu makan makanan berkarbohidrat kompleks dan berprotein. Sebab, dengan memakan makanan tersebut kamu bisa memiliki jumlah energi tubuh yang cukup untuk menjalani aktivitas pada siang hari. Selain memakan makanan berkarbohidrat kompleks dan berprotein, ada baiknya kamu memakan sayur dan buah. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa dehidrasi selama berpuasa. Sebab, memakan sayur dan buah kala sahur akan memberikan cadangan cairan tubuh bagi tubuhmu.

Mengurangi Makanan dan Minuman Manis Saat Sahur

Usahakan untuk tidak memakan makanan dan minum minuman dengan kandungan gula berlebihan saat sahur. Sebab, hal itu akan membuat tubuhmu lemas saat menjalani aktivitas di siang hari. Selain itu, kandungan gula itu bisa mengendap saat tidur selepas sahur. Pengendapan gula tersebut akan membuat tubuhmu tidak enak dan tak kuat saat berpuasa di siang hari.

Minum Secukupnya Saat Sahur, Bukan Sebanyak-banyaknya

da persepsi kalau mau puasa tidak merasakan dehidrasi harus minum air sebanyak-banyaknya saat sahur. Nyatanya, hal itu tidak benar ya Quipperian. Meminum banyak air saat sahur akan membuat perut kamu kembung. Perut yang kembung itu akan membuat nafas sesak ketika ingin tidur kembali setelah sahur. Tidur dengan keadaan nafas sesak pastinya akan membuat tidurmu tidak berkualitas dan badan menjadi lemas pada siang hari. Hal yang benar ialah minum secukupnya. Usahakan minum air putih atau teh tawar agar tubuhmu bisa harus bekerja keras mengolah gula untuk terserap tubuh.

Berolahraga Sore Sembari Ngabuburit

Ada baiknya kamu tetap berolahraga di sore hari menjelang berbuka. Dengan melakukan hal itu, tubuh kamu akan lebih bugar dan tidak akan merasa lemas selama satu bulan berpuasa. Selain itu, olahraga sore bisa kamu gunakan sebagai masa-masa ngabuburit menunggu berbuka. Ketimbang kamu berdiam diri di rumah hanya bermain video games, berolahraga tentunya lebih bermanfaat bukan? Yuk, olahraga sore-sore selama bulan Ramadan! Penulis: Muhammad Khairil https://video.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/7-kiat-asik-agar-puasamu-menyenangkan/

Komentar

Fresh