5 Tipe Mahasiswa yang Biasa Kita Temui | OPINI.id

Kelulusan SMA selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu, selain tradisi yang sudah menjadi-jadi, momen ini pun menjadi awal dari para remaja mencari jati dirinya. Ada yang memutuskan untuk kerja, kuliah, atau mungkin menikah. Dalam perkuliahan, mereka akan berusaha menemukan posisi sosialnya dan memperlihatkan citra dirinya.

quote-mark

Berikut tipe-tipe mahasiswa yang biasa kita temui :

1. Mahasiswa Kupu-Kupu

Kupu-kupu yang artinya kuliah pulang-kuliah pulang. Tipe ini biasanya setelah menghabiskan waktunya di kelas untuk menuntaskan mata kuliahnya. Telah selesai, langsung pulang. Baik ke rumahnya atau anak rantu biasa ke kosnya. Bukan karena malas, tapi bisa saja mereka memiliki kesibukan lain di rumahnya. Entah mengurus keluarga atau pekerjaan rumah lainnya.

2. Mahasiswa Kura-Kura

Kura-kura artinya kuliah rapat-kuliah rapat. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya diluar jam kuliah, menghabiskan waktunya untuk rapat. Tipe ini kerap berurusan dengan organisasi ataupun komunitas. Mereka akan menghabiskan waktunya untuk berdiskusi membicarakan tentang program kerja, event, kegiatan mahasiswa, ataupun fenomena yang sedang terjadi. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya dikaitkan dengan mahasiswa aktivis. Terlalu aktif dan kerap menghabiskan waktunya dalam membuat gerakan-gerakan. Secara progresif, kritis, dan ideologis. Mereka identik dengan simbol agen perubahan.

3. Mahasiswa Kuda-Kuda

Kuda-kuda artinya kuliah dagang-kuliah dagang. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya menghabiskan waktunya untuk berdagang dan mempromosikan produk atau brandnya. Bahkan pada jam kuliah pun dengan kegairahan memasarkan dagangannya. Mereka akan jeli melihat kesempatan. Tipe seperti ini biasanya dikaitkan dengan mahasiswa calon pengusaha. Di tengah kesibukan perkuliahannya dapat mengatur waktu untuk menjalankan bisnisnya. Mereka pun kerap menjadi sasaran empuk bagi para pers kampus, untuk mengisahkan hidupnya.

4. Mahasiswa Kunang-Kunang

Kunang-kunang artinya kuliah nangkring-kuliah nangkring. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya sepulang kuliah langsung nangkring di tempat-tempat yang biasa jadi markasnya. Dimulai dari warung kopi, kantin, angkringan, ataupun tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis. Mereka akan asik berbincang-bincang, bahkan tidak jarang mengarah pada topik kebijakan negara ataupun fenomena yang sedang hangat. Tipe ini pun cenderung santai dan menikmati waktu-waktunya.

5. Mahasiswa Kue-Kue

Kue-kue artinya kuliah gawe-kuliah gawe. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya dapat membagi waktu dengan baik. Karena harus seimbang dengan pekerjaan yang telah diambil dan kuliah yang harus dilaksanakan. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa seperti ini mengambil pekerjaan diluar jam kuliah. Adanya kebutuhan terkait finansial ataupun memang keinginannya sendiri. Karena hal ini pun kesibukan yang menghasilkan.

quote-mark

Terlepas dari tipe apapun kalian, pastikan dapat bermanfaat di masa depan nanti.

Sumber :

https://life.idntimes.com/education/amp/bayu/tipe-mahasiswa-berdasarkan-aktivitas-kesehariannya https://www.hipwee.com/list/tipe-tipe-mahasiswa-yang-pasti-ada-di-setiap-kampus/

Komentar (2)

Fresh