15 Phobia Yang Mengherankan | OPINI.id

Phobia adalah rasa ketakukan atau kecamasan berlebihan yang dirasakan seseorang terhadap suatu objek atau suatu fenomena. Phobia ada karena dipicu oleh trauma dan hal-hal lainnya. Dari 500 jenis phobia yang ada di dunia. Berikut 15 phobia yang mengherankan.

1.Ombrophobia

Hujan merupakan sebuah fenomena alam yang terlihat biasa saja. Namun, untuk pengidap Ombrophobia, hujan merupakan sesuatu yang mengerikan. Mereka bisa menjerit saat terkena tetesan hujan dan hanya bisa meringkuk dirumah saat hujan turun.

2.Pogonophobia

Phobia ini merupakan rasa ketakutan berlebihan saat belihat pria berjenggot. Phobia ini tidak hanya dialami oleh wanita saja, tapi pria juga banyak mengalaminya. Mereka tidak hanya tersugesti, tapi sudah terdoktrin saat melihat jenggot.

3.Ergophobia

Ergophobia adalah ketakutan terhadap pekerjaan. Yang ditakukan bukanlah pekerjaannya, tapi saat bekerja sama dalam kelompok, memimpin kelompok atau berbicara di depan umum.

4.Glophobia

Ini merupakan phobia terhadap balon. Penderita akan ketakutan saat ada di pesta dengan dekorasi balon-balon. Penderita akan merasakan sangat ketakutan saat seseorang menggosokkan balon ke rambunya.

5.Xanthophobia

Pengidap Xanthophobia memiliki rasa takut berlebihan dengan warna kuning. Kebanyakan penderita Xanthophobia memiliki trauma masa kecil dengan warna kuning, sehingga warna kuning menjadi begitu mengerikan bagi mereka.

6.Ancraophobia

Penderita Ancraophobia merasakan ketakutan berlebihan terhadap angin. Mereka akan lebih memilih berlindung dari angi saat merasakan angin di luar terlalu kencang.

7.Anthophobia

Untuk kebanyakan orang, bunga merupakan sesuatu yang cantik. Tapi tidak bagi para penderita Anthophobia. Meski untuk mereka bunga tidak sampai menimbulkan ancaman, tapi bunga dapat menimbulkan kecemasan dan kegelisahan bagi mereka.

8.Venustraphobia

Semua pria pasti suka dengan wanita cantik. Tapi bagi penderita Venustraphobia wanita adalah hal yang menakutkan. Biasanya, phobia ini muncul akibat trauma yang dialami di masa lalu yang melibatkan wanita cantik.

9.Decidophobia

Phobia ini membuat penderitanya tak berani mengambil keputusan. Penderita Decidophobia biasanya cenderung menyerahkan pengambilan keputusan diserahkan pada orang tua, pasangan atau pemimpin keagamaan dan organisasi sekitarnya.

10.Catoptrophobia

Penderita phobia ini takut terhadap cermin dan sebisa mungkin akan menghindari cermin. Ketakutan yang dialaminya biasanya akan dihubunkannya dengan kepercayaan tertentu. Penderita merasa takut bercermin karena merasa nasib buruk akan menimpanya atau merasa takut kalau terhisap dan terkurung ke dalam cermin.

11.Geliophobia

Bagi kebanyakan orang, tertawa merupakan cara mengekspresikan diri dan menghilangkan beban emosi. Tapi, bagi penderita Geliophobia, gelak tawa orang di sekitarnya bisa menimbulkan rasa cemas berlebihan.

12.Haphephobia

Penderita phobia ini akan merasa cemas, mual, tak nyama, berkeringat dan panik jika disentuh oleh orang lain, karena merasa ada pelanggaran ruang privasi. Meski Cuma sekedar tepukan, penderita biasa memberi respon negatif.

13.Heliophobia

Penderita phobia ini sering dijuluki “vampir”. Penderita Heliophobia merasakan ketakutan saat berhadapan dengan matahari dan sinarnya, sehingga akan lebih memilih berdiam diri dirumah. Mereka juga akan menutup celah-celah rumah agar tidak ada matahari yang masuk.

14.Domatophobia

Penderita phobia ini biasanya akan mengisolasi dirinya dari lingkungan sekitarnya. Tapi, penderita merasa takut jika harus tinggal dalam rumah. Penderita akan lebih memilih tinggal di gua atau kandang alami.

15.Pentheraphobia

Penderita Pentheraphobia mengalami ketakutan berlebihan saat menghadapi ibu mertua mereka. Saat harus menghadapi ibu mertua, biasanya penderita phobia ini akan merasa cemas, takut dan mual karena merasa khawatir dirinya akan melakukan hal-hal yang memalukan.

Dari 15 phobia tersebut, apakah anda salah satu penderitanya?sumber: https://titiknol.co.id/ https://images.google.com

Komentar

Fresh