Maahir dan 60 Kg Sepedanya | OPINI.id

Sukarelawan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Kota Jakarta Selatan melaksanakan ekspedisi tunggal menjelajah nusantara. Ekspedisi yang dilakukan oleh ini sukarelawan yang bernama Maahir ini ditempuh dengan mengendarai sepeda. Ekspedisi dengan nama “Ekspedisi Penjelajahan Nusantara” akan dilakukan dengan mengelilingi 34 provinsi dan mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia selama 700 hari dihitung sejak 2018.

Wujud Pengabdian kepada Indonesia

Ekspedisi ini merupakan salah satu wujud pengabdian kepada negara Indonesia. Dengan misi untuk melestarikan budaya literasi, ia semangat mengayuh sepeda yang beratnya 60 kilogram. Menurutnya ini akan menjadi pengalaman yang menarik dalam hidupnya.

Mendirikan 10 Taman Baca

Pelestarian budaya literasi ini diwujudkan dengan mendirikan 10 taman baca di 10 desa tertinggal di Indonesia. Pemilik nama lengkap Muhammad Maahir Abdullah ini akan mengabdi di satu desa tempat didirikan taman baca selama satu bulan. Pendirian taman baca ini akan dimulai dari Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Papua (ada 2 taman baca), Papua Barat, Maluku, Kalimantan Utara, Bangka Belitung, Nanggro Aceh Darusallam, dan Jambi.

Netral

Taman baca akan didirikan dengan berkoordinasi bersama Palang Merah Indonesia, Pramuka, dan organisasi non pemerintah setempat. Alasannya karena lembaga ini lebih jujur dan independen, serta untuk menunjukan bahwa sifat netral kegiatan. “Saya memilih bekerja sama dengan PMI, gerakan pramuka, dan organisasi non pemerintahan karena mereka lebih independen, jadi bisa leluasa bergerak. Ntar disangka dukung pemerintah kalau minta tolong ke dia (pemerintah)”, ujarnya.

Harapan-harapan

Maahir berharap, akan ada taman baca lain yang didirikan di Indonesia melalui ekspedisinya. Posisinya sebagai pemantik diharapkan dapat membakar semangat masyarakat, khususnya generasi muda untuk melanjutkan pendidikan. Ia juga berharap, seluruh masyarakat Indonesia turut serta membantu untuk melestaraikan budaya literasi. Salah satunya dengan berdonasi online melalui alamat web www.kitabisa.com pada situs dharmabaktiuntuknegeri yang hasilnya digunakan untuk meningkatkan sarana dan pra sarana taman baca.

Komentar

Fresh