Serasa Tapi Tak Sama | OPINI.id

Matcha / green tea? Kedua nama tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, terutama saat ini matcha dan green tea seolah-olah menjadi primadona bagi kalangan pecinta kuliner yang tengah hits menjadi rasa kekinian yang banyak digemari anak muda. Baik matcha maupun green tea banyak diadopsi ke dalam berbagai inovasi olahan makanan maupun makanan, seperti pelengkap sajian donat, rasa minuman, es krim, hingga cita rasa kue lainnya.

Matcha / Green tea?

Matcha dan green tea sering kali dipandang sama yaitu sama-sama berasal dari daun teh hijau, karena wujudnya yang sama-sama berwarna hijau. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya kedua rasa ini memiliki beberapa perbedaan yang mungkin jarang diketahui orang? Mari kita simak perbedaannya!

1. Perbedaan Warna

Matcha berwarna hijau hampir pekat, sedangkan green tea memiliki warna terang hijau terang kekuningan. Perbedaan warna ini disebabkan oleh proses sterilisasi, kandungan klorofil pada matcha masih utuh.

2. Bentuk Penyajian

Matcha yang bentuknya seperti serbuk lebih sering digunakan sebagai bahan olahan pudding, kue, minuman, hingga sushi. Sedangkan, green tea karena memiliki rasa yang lebih pekat biasanya hanya diolah ke dalam bentuk minuman saja.

3. Perbedaan Harga

Harga matcha lebih tinggi daripada green tea terutama matcha yang digunakan untuk upacara-upacara tertentu dikarenakan matcha mengandung nutrisi yang lebih tinggi, proses pengolahan panjang, dan kegunaan yang melimpah. Sedangkan, harga teh hijau biasanya lebih murah terutama yang dikemas dalam bentuk minuman.

Sumber :

https://kawaiibeautyjapan.com/article/1327/5-perbedaan-matcha-dan-green-tea https://food.idntimes.com/dining-guide/andi-aris/5-perbedaan-matcha-dan-green-tea-1/full

Komentar

Fresh