Digital Marketing di Kala Tren Startup | OPINI.id

Sejak kemunculan Gojek, perusahaan berbasis digital baru banyak bermunculan. Kemunculan startup-startup baru ini bikin kita bertanya-tanya, cara marketingnya gimana sih? kok bisa sukses? Biar tahu jawabannya, Trisakti Marketing Club (TMC) dari Universitas Trisakti mengadakan seminar bertajuk “Digital Marketing Day” di Ballroom Hotel Grand Paragon, Jakarta pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 dengan mengundang para expert di bidang digital marketing/e-commerce, salah satunya Frans Budi Pranata.

Siapa Frans Budi Pranata?

Frans Budi Pranata bukanlah pemain baru di bidang bisnis e-commerce. Pria ini sudah 2 kali dinobatkan sebagai Indonesia Best CFO (Chief Financial Officer) di tahun 2013 dan 2015 oleh salah satu majalah bisnis terkemuka di Indonesia. Kontribusinya telah banyak memajukan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Yang terbaru tentu saja di Zalora yang kini menjadi toko online untuk produk fashion terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Cari Tau Keinginan Konsumen

Menurut Budi Pranata, memahami kemauan konsumen adalah kunci utama kesuksesan bisnis e-commerce. Ambil contoh Netflix yang terus menerus melakukan research dan survei mengenai hal-hal yang jadi favorit konsumen mereka sejak mereka masih berupa “jasa rental film.” Hasilnya? Netflix gak cuma bertahan di bisnis yang mereka jalani tapi juga berkembang jadi situs online streaming terbesar di dunia. Jadi sebelum memulai bisnis startup, pastikan dulu kalau yang mau kamu jual itu sesuatu yang emang lagi tren dan dicari banyak orang.

Harus Menghidupi Orang Banyak

Bikin startup gak melulu soal cari untung. Melalui bisnis startup yang kita buat, kita harus bisa menciptakan lapangan kerja dan menghidupi banyak orang. Hal ini disampaikan oleh pembina TMC Eric S. Pradjonggo yang juga seorang pengusaha. Beliau juga berharap biar mahasiswa jangan keseringan demo karena banyak aksi demo mahasiswa cuma dijadiin alat politis oleh kaum tertentu. Mending belajar yang rajin jadi kalaupun gak bisa bikin startup, seenggaknya bisa bantu marketing startup yang nantinya bakal bantu banyak orang.

Kalau dimodalin kamu mau coba bikin perusahaan startup gak?
Mau dong
Nggak ah males
35 votes

Komentar

Fresh