TELUK JAKARTA | OPINI.id

Benar nggak sih kalau Teluk Jakarta itu sebenarnya rusak dan sudah tercemar?

Apakah benar Teluk Jakarta tercemar?

Bicara soal Teluk Jakarta, sudah pasti yang ada dibenak adalah proyek reklamasi. Sebelum masuk lebih jauh, mungkin ada sebagian diantara kalian yang tidak begitu tau apa itu teluk Jakarta.

Teluk Jakarta itu adanya di perairan laut Jawa tepatnya di sebelah utara Provinsi DKI Jakarta. Di teluk ini ada 13 sungai yang bermuara membelah Ibukota Jakarta.

Tahun lalu, Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Air dan Sumber Daya Air, Firdaus Ali mengatakan sejak ada proyek reklamasi Teluk Jakarta udah rusak. Kira-kira hampir 60 tahun tepatnya Teluk Jakarta dicemari limbah dan logam berat yang berasal dari daratan.

Tetapi entah kenapa beberapa hari lalu Teluk Jakarta mendapatkan kunjungan heboh dari seekor Ikan Hiu Paus Tutul langka.

Ya, ikan langka ini ditemukan oleh para ABK Sudin Kebersihan Kepulauan Seribu yang sedang menjalankan tugasnya untuk membersihkan sampah dari laut.

Kedatanganya pun diabadikan oleh para ABK. Usut punya usut ternyata kedatangan ikan besar berdiameter 5 meter ini karena melimpahnya makanan di Teluk Jakarta, mulai dari Plankton dan juga ikan-ikan kecil.

Sampah Di Teluk Jakarta, Salah Siapa?

Teluk Jakarta dianggap rusak dan tercemar oleh limbah yang datang dari daratan. Tetapi, angka sampah yang ada di laut tidak pernah muncul.

Timeasia dalam berita tahun 2006 mengatakan jika sekitar 70 persen atau 1200 meter kubik (setara dengan 288 ton) sampah di Jakarta dibuang ke sungai-sungai setiap harinya. Jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya.

Sampah Di Teluk Jakarta, Salah Siapa?
Masyarakat
Pemerintah
Salah kita semua
85 votes

Komentar

Fresh