4 Langkah Cegah Thalassemia! | OPINI.id

World Thalassemia day! Hari Thalassemia sedunia diperingati setiap tanggal 8 May setiap tahunnya. Pada tahun ini, tema peringatan hari Thalassemia sedunia adalah “Bersama untuk masa depan yang lebih baik”, untuk menegaskan bahwa jika semua pihak mau berkontribusi untuk pencegahan dan pengendalian Thalassemia, maka akan memberikan masa depan yang lebih baik bagi penyandang Thalassemia.

Causes & Symptoms

Thalassemia merupakan salah satu penyakit pada sistem peredaran darah yang ditandai dengan rendahnya jumlah Hemoglobin dalam tubuh. Penyakit ini merupakan faktor keturunan (faktor genetik) yang di turunkan dari orang tua pembawa sifat (carrier) thalassemia pada anak yang dilahirkannya. Gejala umum Thalassemia yang dialami oleh penderita diantaranya adalah lemah, letih, lesu, pusing, nafsu makan menurun, urin berwana keruh, kulit kekuningan, deformasi tulang dan tulang rapuh. Pengobatan pada penderita Thalassemia dilakukan sesuai dengan tipe dan tingkat keparahan yang dideritanya. Penanganannya mulai dari konsumsi obat-obatan secara rutin hingga transfusi darah yang dilakukan seumur hidup.

Lakukan 4 langkah cegah Thalassemia

Meski tidak dapat disembuhkan, penyakit Thalassemia bisa dicegah lebih dini dengan melakukan 4 hal berikut. 1. Melakukan Screening Thalassemia, Screening dilakukan dengan melakukan penulusuran riwayat keluarga penderita Thalassemia. Hal ini untuk mengetahui apakah diri kita seorang carrier Thalassemia atau tidak. Screening dilakukan pada setiap orang terutama pasangan yang akan menikah atau ibu hamil. 2. Menghindari perkawinan antara pasangan yang sama-sama pembawa (carrier) Thalassemia, pentingnya melakukan screening lebih awal agar dapat menghindari perkawinan antara pasangan yang sama-sama mewarisi sifat Thalassemia. Maka kemungkinan sang anak akan menderita Thalassemia dengan tingkat keparahan sedang sampai berat. Karena hal inilah pasangan carrier Thalassemia perlu mempertimbangkan keputusan dan memahami konsekuensinya. 3. Melakukan Konsultasi Genetik, seseorang maupun pasangan carrier Thalassemia dapat mengonsultasikan diri ke tenaga kesehatan atau konselor genetik yang berkompeten. Hal ini untuk mengetahui lebih dini informasi mengenai Thalassemia berupa resiko, manifestasi klinik dan treatment pasien. Konselor genetik akan memberikan opsi yang bisa dipertimbangkan. 4. Memeriksa kehamilan terutama pada 12-16 minggu usia kehamilan, pada usia kehamilan ini dapat dideteksi kondisi kesehatan janin. Apakah normal, menderita Thalassemia atau hanya sebagai carrier saja. Pendeteksian ini disebut diagnosis prenatal, dengan mengambil sampel chorionic villus (jaringan ari-ari) kemudian dilanjutkan dengan analisis DNA. (source: dokterdarah.com/cara-mencegah-penyakit-thalasemia)

Knowing more about Thalassemia!

Pada dasarnya, Thalassemia merupakan penyakit keturunan yang tidak dapat disembuhkan. Namun penyakit Thalassemia dapat dicegah atau dikurangi jika setiap orang melakukan pemeriksaan dan konsultasi dini.

Mari cegah Thalasemia!

Be part of Prevention♥️

Cegah Thalassemia!

Be part of Prevention♥️

Komentar

Fresh