Cuti Lebaran, PNS vs Pegawai Swasta | OPINI.id


Netizen lagi ramai membahas keputusan cuti libur lebaran Idul Fitri Tahun 2018. Soalnya, cuti sudah ditetapkan sebanyak tujuh hari sesuai dengan keputusan bersama (SKB) 3 Menteri pada 18 April lalu.

Pegawai Swasta Potong Jatah Cuti?

Kalau kamu menemukan seorang Pegawa Negeri Sipil (PNS) yang masih mengeluh, mendingan kamu bilang aja sama dia harus banyak bersyukur! Soalnya, keputusan cuti bersama di Hari Raya Idul Fitri 2018 ini gak menyenangkan buat semuanya, terutama bagi karyawan swasta. Ada beberapa perusahaan swasta yang justru mengurangi cuti tahunan karyawannya untuk mengikuti aturan cuti bersama dari Pemerintah. "Kalau pegawai swasta otomatis mengurangi cuti tahunan," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri di kantor Kemenko Bidang PMK, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018). detik.com Ia juga mengatakan, jika cuti bersama di sektor swasta merupakan bagian dari cuti tahunan pekerja yang bersifat fakultatif. Hingga pelaksanaannya dilakukan atas kesepakatan antara pekerja dengan pengusaha dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Gak Potong Cuti?

Namanya juga rezeki, nggak semuanya sama. Seperti halnya kasus cuti lebaran Idul Fitri 2018. Pegawai swasta vs pegawai negeri sipil (PNS). Nah, jika tadi ada kesepakatan bersama antara perusahan dan karyawan swasta terkait cuti. Beda hal dengan pegawai negeri sipil (PNS). Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, cuti lebaran gak kurangi jatah cuti tahunan bagi para PNS, atau sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah. Soalnya alasan cuti PNS gak ikut dipotong cuti bersama udah ada dan diatur PP 33. Bahkan jika ada PNS yang tetap masuk di cuti bersamanya. Mereka tetap bisa mengambil cuti tersebut di waktu lain tanpa mengurangi hak cuti tahunannya.

Menurutmu adil gak nih?
Adil sesuai aturan
Gak adil ini mah!
506 votes

Komentar (2)

Fresh