Indonesia Bisa Jadi Negara Maju | OPINI.id

Ekonom Faisal Basri sebut Indonesia bisa jadi negara maju. Tapi ada syaratnya. Outlook ekonomi Indonesia dia paparkan dalam Asia Pacific Media Forum (APMF) 2018 di Bali, 2-4 Mei 2018.

Bangun Manusianya

Menurut Faisal Basri, kualitas sumber daya manusia paling penting untuk mendorong pembangunan. Caranya lewat pendidikan. Saat ini standar pendidikan Indonesia masih sangat rendah dalam bidang matematika, sains, dan reading.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Pemerintah gak boleh berhenti dengan menaikkan anggaran pendidikan hingga 20 persen APBN. Saat ini anggaran juga masih banyak buat pengeluarkan yang tidak langsung seperti monitorong, peninjauan, dll. Namun, harus bisa tetapkan target yang mau dicapai lewat pendidikan.

Gak Usah Membesar-besarkan

Indonesia diakui sebagai negara dengan kekuatan ekonomi yang besar. Bakal jadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar keempat dunia. Namun, fakta Indonesia negara besar menuru Faisal Basri tidak usah dibesar-besarkan lagi. PR utama sekarang bagaimana mentransformasikan ini agar kesejahteraan merata, pembangunan inklusif dan merata.

Gak Cukup 5 Persen

Indonesia gak boleh puas dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5 persen. Harus didorong tumbuh lebih tinggi biar gak terjebak sebagai negara dengan penghasilan menengah (middle income trap). Caranya percepat industrialisasi biar rasio pajak naik dan naikkan tingkat keterbukaan ekonomi buat raih potensi ekonomi lebih besar.

Dorong Inovasi

Tingkatkan riset dan pengembangan untuk meningkatkan inovasi, produk, dan kompetisi. SDM Indonesia terbesar di ASEAN dengan tingkat dependenso rendah. Artinya rasio penduduk produktif lebih tinggi ketimbang yang nonproduktif. Kalau ini dimaksimalkan maka tahun 2045 akan jadi golden anniversary.

Kamu yakin Indonesia bisa jadi negara maju tahun 2045?
Yakin
Kagak
61 votes

Komentar

Fresh