9 Fakta Menarik Galaksi Andromeda | OPINI.id

Galaksi Andromeda merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah tanpa adanya polusi cahaya. Dibalik bentuknya yang spiral, galaksi ini memiliki beberapa fakta yang menarik.

1.Andromeda pernah di anggap Nebula

Sebelum para astronom mengetahui ukuran sebenarnya dari alam semesta ini, Galaksi Bima Sakti dianggap sebagai alam semesta dan bagian terluar Bima Sakti dianggap sebagai batas Bima Sakti. Galaksi Andromeda pernah diaangap sebagai Nebula, karena Andromeda terlihat sangat redup dan kabur saat dilihat menggunakan teleskop terkuat pada awal abad ke-20. Andromeda dulu hanya dianggap sebagai wilayah pembentukan bintang dari debu kosmik, yang lebih dikenal dengan sebutan Nebula Besar Andromeda (Great Andromeda Nebula).

2.Memicu Debat Besar Pada Tahun 1920

Galaksi Andromeda sempat menjadi bahan perdebatan pada tahun 1920 oleh dua astronom terkemuka, Harlow Shapley dan Heber Curtis. Shapley percaya bahwa Andromeda dan galaksi Pinwheel yang waktu itu disangka Nebula terletak dalam galaksi Bima Sakti, tidak mungkin berjarak jutaan tahun cahaya dari Bumi. Sedangkan Curtis berpendapat bahwa objek ini berjarak jutaan tahun cahaya dari Bumi. Pada akhirnya debat ini di selesaikan oleh Edwin Hubble pada tahun 1925 dan membuktikan bahwa pendapat Curtis benar adanya.

3.Andromeda Adalah Galaksi Penggaggu

Andromeda memiliki banyak galaksi satelit, termasuk 14 galaksi kerdil yang teratur dia ganggu. Dua galaksi yang satelit yang telah menjadi korban adalah M32 dan M110. Andromeda tela merobek dan membentuk aliran bintang di M110. Andromeda juga mencuri beberapa cakram bintang di M32.

4. AsalNama “Andromeda”

Nama Andromeda diambil dari nama gugus bintang di mana galaksi ini pertama kali terlihat oleh ahli astronomi. Galaksi Andromeda pertama kali terlihat di antara gugudan Andromeda, gugus bintang yang dinamai mengikuti putri dalam legenda Yunani, Andromeda.

5.Galaksi Andromeda Sangat Besar

Galaksi Andromeda memiliki diameter sekitar 220.000 tahun cahaya, lebih besar dua kali lipat dari galaksi kita Bima Sakti yang hanya berdiameter 100.000 tahun cahaya. Galaksi Andromeda juga terbentuk dari sekitar satu triliun bintang, lebih banyak dibandingkan Galaksi Bima Sakti yang hanya terbentuk dari sekitar dua ratus hingga empat ratus miliar bintang.

6.Memiliki Banyak Lubang Hitam

Pada pusat Galaksi Andromeda terdapat sedikitnya dua puluh lima calon lubang hitam dan Chandra X-ray Observatory telah menemukan indikasi bahwa ada banyak lubang hitam lain di pusat Galaksi Andromeda. Salah satunya adalah lubang hitam supermasif di pusat galaksi ini dengan massa sekitar 140 juta kali massa Matahari dengan dua buah lubang hitam supermasif lainnya yang juga mengorbit secara berpasangan.

7. Termasuk Dalam The Local Group

Galaksi Andromeda tergabung dalam kumpulan galaksi yang disebut “The Local Group”. Kumpulan galaksi ini terbentuk dari sekitar lima puluh galaksi, termasuk Galaksi Bima Sakti. Banyak di antara galaksi ini merupakan galaksi-galaksi yang hanya terdiri dari beberapa miliar bintang saja. The Local Group memiliki jarak sekitar tiga juta tahun cahaya dari ujung ke ujung dari kumpulan galaksi ini dan terdiri dari dua spiral besar.

8. Akan Bertabrakan Dengan Bima Sakti

Menurut para Astronom Galaksi Andromeda saat ini bergerak dengan kecepatan 75mil (120 kilometer) per detik, yang akan menempatkan mereka di jalur tabrakan sekitar 4 miliar tahun kedepan. Galaksi Andromeda dan Bima Sakti akan bertabrakan dan membentuk sebuah galaksi raksasa berebentuk elips.

9. Sejarah Kelam Galaksi Andromeda

Cincin raksasa yang mengelilingi Andromeda sebenarnya merupakan sisa dari sebuah galaksi lain yang terletak di dekat Andromeda. Jutaan tahun yang lalu galaksi ini bertabrakan dengan Andromeda dan reruntuhannya tertarik masuk ke dalam Galaksi Andromeda dan membentuk Andromeda yang kita lihat saat ini.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Galaksi Andromeda.Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Galaksi_Andromeda dan images.google.com

Komentar

Fresh