Rahasia Lagu Pop 80an Enak Didengar | OPINI.id

Pernahkah kalian berfikir "mengapa lagu pop 80an terdengar enak dibanding lagu sekarang", jika pernah mari kita bahas "penyebab" lagu pop 80an terdengar enak, baik barat maupun dalam negeri

Kenapa Lagu Pop 80an Enak Didengar?

1. Alat Musik Lagu pop 80an lebih mendominasi suara dari keyboard/synthesizer, untuk para penyanyi solo, berbeda dengan band, dalam hal ini, synthesizer ini dapat membuat suara yang dapat menggambarkan musik era 80an yang legendaris seperti Elektrik piano, dan bebagai suara lainnya, terdapat banyak merk synthesizer era 80an yang legendaris seperti Yamaha DX7, Roland D50, KorgM1 dan lain lainnya.

Kenapa Lagu Pop 80an Enak Didengar?

2. Progresi Chord Pada lagu pop 80an, lebih mendominasi progresi chord yang "teorical", dalam artian lagu pop 80an tidak hanya bermain pada 1 range chord, seperti hanya bermain di C atau D, namun banyak perubahan nada dasar dalam pertengahan lagu yang membuat semakin manis yg biasa disebut "Modulasi" dan ini terkesan "mengagetkan", seperti contoh dalam lagu "You got it All" dari The jets, dimana setiap bait dalam lagu ini, selalu naik setengah chord, dan ini sungguh menarik, dimana lagu ini dalam keseluruhannya menggunakan chord sederhana, namun mereka memainkan pemindahan nada dasar yang fantastis, dan rata rata lagu pop 80an terkesan "Jazzy", mengapa, karena mereka banyak menggunakan "additional Chord", tidak menggunakan chord polos seperti "Cmajor", namun mereka menggunakan "Cmaj7(9)" yang membuat lagu semakin manis dengan permainan progesi chord yang apik dan teorikal. dan terkesan "Jazz". bahkan sederhananya, bagi orang awam, jika dalam pertengahan lagu terjadi perubahan nada dasar (modulasi), mereka dapat menyimpulkan bahwa ini adalah lagu jazz.

Kenapa Lagu Pop 80an Enak Didengar?

3. Lirik Lagu pop 80an, banyak memiliki lirik yang sangat kuat dan tidak biasa, dimana mereka banyak menggunakan kosa kata yang tidak biasa dan terbilang sastrawi (dalam lagu Indonesia), bahkan untuk lagu dengan tema cinta, tidak terlihat cengeng dan terkesan lagu cinta yang "dewasa", begitupun dengan lirik lagu dan tema tema lainnya, salag satu penulis lirik lagu terpopuler Indonesia yaitu Wieke Gur. Kiranya Artikel ini dapat menambah wawasan mengenai musik dan selamat membaca :)

Komentar

Fresh