Benda yang Wajib Ada di Kotak P3K Anda | OPINI.id

Ketika kecelakaan atau masalah kesehatan terjadi, akan baik jika menyediakan peralatan dasar untuk mengatasi kondisi tersebut. Oleh sebab itu, milikilah kotak peralatan medis yang siap digunakan – baik kotak pertolongan pertama yang sebenarnya atau hanya lemari kamar mandi yang menyimpan berbagai barang bermanfaat. Berikut ini adalah peralatan penting yang harus Anda sediakan untuk persiapan terhadap kecelakaan dan penyakit yang umum :

1. Untuk peralatan umum

Gunting tajam, pinset, bola kapas, kapas lidi (cotton bud), tisu, sabun, bantalan pembersih atau pembersih tangan instan, kantong plastic, peniti, sarung tangan lateks atau sintetis untuk digunakan jika ada darah atau cairan tubuh, obat anti-diare, dan mangkok atau sendok obat.

2. Untuk luka sayat

Balutan dengan berbagai ukuran, kasa, plester kain, larutan antiseptic untuk membersihkan luka, dan salep antibakteri untuk mencegah infeksi.

3. Untuk luka bakar

Bantalan dingin, kasa, semprotan luka bakar, dan krim antiseptic

4. Untuk sakit, nyeri, dan demam

Termometer, aspirin (hanya untuk orang dewasa), dan obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan parasetamol.

5. Untuk cedera mata

Obat cuci mata, seperti larutan salin, mangkok obat cuci mata, penutup mata, dan kacamata pelindung.

6. Untuk terkilir, cedera regang, dan fraktur

Bantalan dingin, balutan elastis untuk membalut cedera, bidai jari tangan, dan balutan segitiga untuk membuat mitela lengan.

7. Untuk gigitan dan sengatan serangga

Bantalan dingin untuk membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan. Krim topical yang mengandung hidrokortison (0,5 atau 1%), losion kalamin atau natrium bikarbonat/baking soda dengan air untuk membentuk pasta), dapat digunakan sampai gejala berkurang. Antihistamin dapat membantu mengurangi gatal. Untuk individu yang alergi terhadap sengatan serangga, masukan kotak dengan spuit yang mengandung epinefrin (adrenalin). Dokter anda dapat meresepkan satu. Periksa tanggal kedaluwarsa secara teratur.

8. Untuk Kasus keracunan

Simpan nomor telepon Sentra Informasi Keracunan Nasional (021-4259945) di dalam kotak obat atau dekat telepon anda. Bagikan Jika info Peralatan Medis untuk rumah anda ini bermanfaat untuk teman / keluarga anda

Komentar

Fresh