Kontroversi Programmer Motivator Wanita | OPINI.id

Beberapa tahun ini profesi female programmer motivator mulai populer di negara seperti Tiongkok dan Jepang. Tapi profesi ini juga menuai kontroversi.

Apa Tugasnya ? #1

Banyak programmer di Jepang atau Tiongkok bekerja sangat lama di kantor, sehingga kurang memiliki interaksi atau kehidupan sosial yang baik. Motivator ini bertugas mengatur kegiatan sosial para programmer di kantor.

Apa Tugasnya ? #2

Tugas lainnya adalah berinteraksi dengan programmer-programmer yang umumnya laki-laki. Untuk memberi semangat mereka atau sekedar jadi tempat curhat.

Apa Tugasnya ? #3

Terkadang para motivator wanita ini juga memijat pundak para programmer-programmer yang kelelahan, agar mereka kembali bersemangat bekerja.

Lalu, Apa Hasilnya ?

Walaupun belum ada dampak pasti bagaimana keberadaan programmer motivator ini membantu performa para programmer laki-laki, tapi di Tiongkok misalnya, programmer laki-laki lebih memilih bekerja di perusahaan yang memiliki programmer motivator wanita ini.

Kenapa Jadi Kontroversi ?

Profesi ini menjadi kontroversi, karena dianggap merendahkan wanita sebagai para penghibur bayaran para laki-laki, sama halnya seperti para penghibur di tempat karaoke atau tempat hiburan malam lainnya.

Apa kamu setuju bahwa profesi programmer motivator ini merendahkan wanita ?
Iya, ngerendahin banget
Iya, tapi masih bisa diterima
Biasa saja
620 votes

Komentar (2)

Fresh