6 Fakta Unik Kota Palembang | OPINI.id

Palembang merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Banyak fakta Unik yang menjadikan kota Palembang lebih istimewa. Berikut fakta Unik kota Palembang --swipe--->>

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah satu-satunya jembatan di Indonesia yang bisa terbuka dan tertutup! Tapi sayangnya, mekanisme ini sudah tidak digunakan sejak tahun 1970. waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini sekitar 30 menit dan dianggap mengganggu arus lintas di darat. Itulah alasan mekanisme jembatan yang bisa di angkat tidak lagi digunakan.

2. Kota Tertua di Indonesia

Ibukota Sumatera Selatan ini adalah kota tertua di Indonesia. Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, diketahui kota berpenduduk mayoritas Islam ini sudah menjadi sebuah kota pada 16 Juni 682 Masehi. Jadi memang kota Palembang ini menjadi kota tertua di Indonesia yang masih bertahan dan terus berkembang. Kini umur kota Palembang kurang lebih sudah 1.335 tahun.

3. Venice of  the East

Kota Palembang mendapatkan julukan sebagai kota Venisia dari Timur. Julukan ini disematkan oleh dunia barat, hal ini tidak lain dan tidak bukan karena sungai Musi yang mengalir mengelilingi kota. Pemandangan atau keadaan ini seperti layaknya kota Vinisia.

4. Ratunya Kain

Hampir setiap bagian di Indoneisa memiliki kain tradisional atau kain khas. Kota Palembang sangat terkenal dengan kain songket. Keindahan songket sudah diakui dunia karena memang bentuknya yang sangat cantik. Songket adalah salah satu peninggalan Kerjaan Sriwijaya, di antara semua kain tenun kain songket disebut-sebut sebagai ratunya kain. Pada masa kerjaan kain songket dipakai sebagai adat kerjaan, hal ini lah yang membuatnya semakin istimewa. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat songket juga tak kalah istimewa. Ada beberapa kain songket yang terbuat dari emas, sehingga harga jualnya tentu bernilai sangat tinggi.

5. Benteng Kuto Besak

Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1780 dengan arsitek yang tidak diketahui dengan pasti dan pelaksanaan pengawasan pekerjaan dipercayakan pada seorang Tionghoa. Semen perekat bata menggunakan batu kapur yang ada di daerah pedalaman Sungai Ogan ditambah dengan putih telur. Waktu yang dipergunakan untuk membangun Kuto Besak ini kurang lebih 17 tahun. Keraton ini ditempati secara resmi pada hari Senin pada tanggal 21 Februari 1797. Benteng Kuto Besak, yang berdiri kokoh di dekat jembatan Ampera itu dulunya waktu diserang oleh korvet Belanda tahun 1819, tidak bisa ditembus oleh satu butir peluru pun.

6. Pulau Kemarau

Pulau Kemarau dapat julukannya karena pulau tersebut tidak pernah kebanjiran, padahal pulau tersebut terletak ditengah-tengah sungai musi. Sehingga dari kejauhan, pulau kecil ini seperti mengapung di atas sungai Musi. Kemarau juga disebut sebagai Pulau Cinta. saat ini pulau kemarau dijadikan salah satu tempat pariwisata.

Referensi

https://www.google.co.id/amp/medan.tribunnews.com/amp/2018/02/11/kota-kota-tertua-di-indonesia-ada-yang-sudah-berusia-1335-tahun-kota-medan-masuk-daftar https://palembangnow.com/7-fakta-unik-tentang-palembang-nomor-4-nya-bikin-kaget-kagum-deh/ https://www.google.co.id/amp/s/www.shopback.co.id/blog/7-fakta-unik-kota-palembang-yang-membuat-palembang-istimewa/amp https://goo.gl/images/jyKWkN https://goo.gl/images/msksnS https://id.m.wikipedia.org/wiki/Benteng_Kuto_Besak https://goo.gl/images/7oYX9c https://goo.gl/images/NJdi0A https://goo.gl/images/eeGhTH

Apakah Anda sudah tahu Sebelumnya?
Sudah
Belum
90 votes

Komentar

Fresh