Menyambut Bulan Suci Ramadhan | OPINI.id

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Sebagai umat muslim harus bersiap menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah. Cara yang dapat dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

1. Memperbanyak Doa

Kita harus memperbanyak doa agar Allah SWT memberi kesempatan kita untuk bertemu Ramadhan. Saat bertemu Ramadhan kita dalam keadaan sehat wal 'afiat. Kita bersemangat dalam mengisi Ramadhan dengan berbagai amal shalih. Berdoa agar dihindarkan dari hal yang akan mengganggumu mengoptimalisasi kegiatan di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW semenjak memasuki bulan Rajab mengucapkan doa; “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan umur kami di bulan Ramadhan” (HR Ahmad dan Ath-Thabarani, tapi sanadnya dho'if)

2. Latihan Puasa

Berpuasa sunnah di bulan syaban akan membantu anda untuk terbiasa berpuasa dan melatih kesabaran serta menahan hawa nafsu sebelum bulan ramadhan datang

3. Atur Pola Tidur

Atur pola tidur anda, jangan biasakan bergadang dan bangun siang hari karena hal ini akan menyulitkan anda untuk bangun sahur saat bulan ramadhan. Sebaiknya tidurlah lebih awal dan cobalah untuk bangun lebih awal.

4. Kurangi Konsumsi Zat Adiktif

Kurangi konsumsi kopi, rokok, soda dan hal-hal lain yang sifatnya adiktif atau menimbulkan ketergantungan. Saat berpuasa kita tidak boleh merokok dan dianjurkan untuk meninggalkan kafein. Oleh sebab itu, jika anda memiliki kebiasaan demikian maka kurangi kebiasaan anda tersebut mulai dari sekarang dan anda bisa melakukannya dengan perlahan.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

kurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi juga dianjurkan saat anda akan memulai berpuasa. Makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan merangsang rasa lapar setelah makan. Jika anda suka mengkonsumsi cokelat, biskuit atau apapun dengan kadar gula yang tinggi sebaiknya kurangi dari sekarang.

6. Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan, olahraga akan membantu sistem pertahanan tubuh anda terutama sistem limfatik untuk bekerja lebih baik dan membuat anda terhindar dari penyakit selama bulan ramadhan.

7. Konsultasi

Konsultasikan pada dokter sebelum berpuasa terutama bagi anda yang menderita penyakit kronis, ibu hamil maupun menyusui. Konsultasi dokter penting untuk memberikan masukan dan saran bagi anda terutama tentang konsumsi obat dan makanan selama bulan ramadhan.

Referensi

https://www.google.co.id/amp/s/dalamislam.com/puasa/tips-persiapan-menjelang-puasa/am https://goo.gl/images/whHPnA https://goo.gl/images/TVj9ee https://goo.gl/images/eYTbgM https://goo.gl/images/wnpWY8 https://goo.gl/images/vcZgRn https://goo.gl/images/Tm4Mx6

Apakah artikel ini bermanfaat
yes
no
10 votes

Komentar

Fresh