Tips-tips Anak Rantau di Bulan Puasa | OPINI.id

Biasanya kalau anak kuliahan itu waktu bulan puasa masih kuliah dan terpaksa melaksanakan puasa jauh dari kampung halaman dan pulang menunggu waktu libur yang sudah ditetapkan oleh kampus.

Ini beberapa tips bagi anak rantauan yang menjalankan puasa ,,

Yuk simak!

1. Siapkan Mental dan Iman untuk menjalankan ibadah puasa

Ini adalah hal yang paling pertama yang harus dilakukan. jika sebelumnya kita terbiasa menjalani ibadah puasa di rumah dan sudah memiliki ketergantungan tinggi pada ibu atau saudara yang selalu membangunkan sahur, maka di tanah rantau kita harus bisa mandiri. Mungkin sulit tapi dengan tekad pasti bisa ko,,, Kuatkan iman, mental dan niat untuk menjalani ibadah puasa agar puasa tetap lancar meski jauh dari keluarga. Inilah saatnya bagi kita untuk belajar mandiri. Mulia dari bangun sahur sendiri, menyiapkan untuk berbuka sendiri. Disinilah kita mencoba menjadi lebih dewasa. Selama kita ikhlas dan bersungguh-sungguh menjalankan perintah-Nya, insya allah tidak ada ibadah yang berat untuk dilakukan.

2. Sediakan makanan cepat saji ketika sahur

Agar lebih cepat dan praktis. Selain mempermudah makanan cepat saji hanya perlu dipanaskan saja. Atau saat berbuka kita bisa menyisakan makanan secukupnya untuk sahur. Tapi jangan sering-sering makan makanan cepat saji juga, karena kalau keseringan juga tidak baik bagi kesehatan.

3. Komunikasi dengan tetangga atau orang terdekat untuk minta dingatkan

Saat sahur baiknya nihh bisa komunikasi untuk minta selalu diingatkan atau mengingatkan satu sama lain. Agar ibadah tetap lancar dan bangun bisa tepat waktu. Dan juga saat beraktivitas tetap segar karena perut sudah terisi,,, Karena aktivitas anak rantaun yang banyak dan kadang susah dikontrol ,dia akan sangat sibuk, mulai dari tugas kuliah, organisasi bahkan kegiatan lainnya.

4. Buka Bersama Teman-teman

Selain tidak akan merasa kesepian, kita bisa saling merasakan kebersaaman, makan jadi berasa nikmat, dan juga bisa membuat bulan puasa ini ada cerita menarik. Buka bersama atau bisa disingkat bukber, bisa kita lakukan diluar kosan atau bahkan dilaksanakan dengan orang-orang satu kosan. Mulai buat menu bareng atau yang diluar bisa prediksi dimana bisa buka bersama dengan harga yang terjangkau bagi anak rantauan.

5. Sholat Tarawih Bareng

Daripada ngelakuin hal-hal lain di malam bulan puasa karena malas sendiri melaksanakan sholat tarawih , mending ajak teman-teman untuk pergi ke masjid bareng. Selain itu malamnya kamu akan terasa cepat berlalu dan kamu bisa nabung pahala. Setelah pulang tarawih kamu bisa langsung tidur deh dan nggak ada tuh namanya galau-galau keinget rumah terus.

6. Hindari Begadang yang tidak penting

Saat berpuasa tubuh kita akan mudah lelah karena asupan makan yang kurang, dan itulah kenapa kita perlu istirahat juga yang cukup untuk mengurangi kelelahan. Begadang bisa membuat badan mudah cape, jadi daripada begadang karena ha yang tidak penting lebih baik istirahatkan tubuh dengan baik dan tepat waktu ya teman-teman.

7. Meninggalkan Kos atau Kontrakan dengan aman saat ditinggalkan

Saat kita akan pulang menuju kampung halaman pastikan saat meninggalkannya dengan baik pintu sudah terkunci, listrik-listrik sudah dicabut, lampu-lampu yang tidak penting dimatikan. Karena Bulan ramadhan tidak hanya menjadi momentum memperbaiki diri, tindak kejahatan pun semakin meningkat. Momen ini juga dimanfaatkan oleh beberapa “oknum” untuk mengambil kentungan bila mana kondisi kos-kosan sedang ditinggalkan. Tidak hanya waktu kita pergi untuk pulang kampung , disaat kita hanya meninggalkan untuk pergi sebentar juga harus berhati-hati yaa teman- teman.

,,,,

Kehidupan menjadi anak rantauan memang tidak mudahh teman-teman,,, Tapi pengorbanan yang telah kita lakukan pasti punya hasil yang baik pula, Benar bukan???? Jadi tetap semangatt!!! Dan tetap jalani hidupmu dengan bahagia dan tetap melaksanakan ibadah puasa ini dengan senang dan bahagia. Jadi yang namanya rindu bisalahh di lupakan sejenak ,,,,

Sumber

http://papasemar.com/buat-kamu-anak-rantau-jadikan-momen-bulan-puasa-kamu-lebih-meriah/ http://www.arwini.com/persiapan-mahasiswa-rantau-saat-puasa-ramadhan/ https://www.lyceum.id/tips-sederhana-puasanya-mahasiswa-perantau-yang-jauh-dari-keluarga/

Komentar

Fresh