Dulu Muda Berbakat Kini Engineer Hebat | OPINI.id

Kalau kamu cowok dan kuliah di salah 1 bidang STEM (Teknologi, Engineering, dan Matematika), mungkin temen sekelasmu cuma dikit yang cewek. Yups, bidang STEM emang bukan favorit cewek-cewek. Bahkan menurut biro statistik Amerika, cewek yang lulusan ilmu komputer cuma 18%. Di Indonesia juga gak jauh beda, makanya cewek bernama Syiki ini jadi pusat perhatian karena dia adalah satu-satunya teknisi wanita di GE Aviation Indonesia, perusahaan industri digital dunia.

Belajar sampai ke Rusia

Cantik dan cerdas jadi 2 kata yang tepat buat Syiki. Ia lulus dari SMAN 8 Jakarta yang memang SMA terfavorit se-Jakarta. Bakatnya bahkan dilirik sama pemerintah Rusia. Setelah lulus ia langsung dikasih beasiswa sama pemerintah Rusia buat kuliah di negara bekas Uni Soviet itu, tepatnya di Kazan State Technical University jurusan Aeronautical Engineering. Walau udah kuliah di Rusia ternyata Syiki gak lupa sama tanah air. Buktinya ia dipilih buat jadi None Jakarta Barat di tahun 2016.

Tanggung Jawab Besar

Lulus kuliah, Syiki bergabung sama GE, perusahaan industry digital dunia. Syiki bergabung di GE Aviation Indonesia sebagai Fleet Support Engineer (FSE), tepatnya di Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF Aero Asia). Hebatnya lagi, ia jadi satu-satunya wanita di posisi vital itu. Selain harus memastikan kalau pesawat yang bakal terbang mendapat informasi yang benar tentang mesin dan gak ada masalah di mesin-nya, Syiki juga mesti ngasih arahan prosedur secara langsung.

Gak Pandang Gender

Syiki ngungkapin kalau dia seneng kerja di GE karena disitu orang dinilai dari peran dan profesionalisme, bukan dari gendernya. Bahkan Syiki dapat penghargaan GE Beliefs Awards 2017 untuk kategori Customer Determine Our Success. Psst, ternyata GE juga pernah ngirim Syiki ke Amerika buat training soft skill dan influential skill, loh! GE sendiri berkomitmen untuk bikin supaya rasio cewek dan cowok di bidang STEM bisa sama dengan menggunakan Syiki sebagai teladan buat cewek-cewek lain yang masih belajar. Wah, semoga beneran bisa setara, ya!

Kalau kamu belajar sains kamu pingin temen sekelasmu banyak yang cewek kayak Syiki gak?
Mau dong biar banyak gebetan
Gak mau
92 votes

Komentar (1)

Fresh