Cewek Juga Bisa Kebut-Kebutan | OPINI.id

Balap mobil formula adalah olahraga yang biasa dilakoni para pria penggila otomotif. Kebut-kebutan di sirkuit selalu sukses memacu adrenalin cowok-cowok baik pembalap maupun penonton-nya. Tapi ada juga loh wanita yang gak takut adu kecepatan bersama para pria di atas aspal.

Wanita itu bernama Alexandra Atmasoebrata. Cewek yang biasa dipanggil Andra ini adalah seorang pembalap profesional yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Ketularan Sang Ayah

Perempuan cantik kelahiran 1988 ini ternyata punya ayah yang juga seorang mantan pembalap nasional bernama Alex Atmasoebrata. Pengetahuan dan pengalaman ayahnya jadi pelajaran berharga buat Andra. Dukungan tanpa henti dari sang ayah juga bikin semangat Andra tak pernah redup. Andra memulai karirnya sebagai pembalap sejak usianya baru 12 tahun. Debutnya ia awali di gokart sebagai kadet 60 cc. Setahun kemudian, ia naik ke kelas 125 cc. Di tahun 2004, ia berhasil mengikuti kualifikasi formula BMW scholarship di Spanyol.

Terus Melaju

2002 jadi tahun dimana Andra memenangkan gelar pertamanya. Di tahun ini ia jadi juara pertama National Kart Championship. Andra mengulang prestasinya di ajang yang sama pada tahun 2005. Di tahun itu pulalah Andra jadi juara pertama China Formula Campus Asian Division dan peringkat 13 Kejuaraan Dunia Rotax Max. Andra pertama masuk dunia balap formula pada tahun 2007 tepatnya di ajang Formula Renault Asia. Di tahun itu pulalah ia memecahkan rekor MURI sebagai satu-satunya pembalap wanita di Indonesia. Hebatnya lagi, ia juga merupakan satu-satunya pembalap perempuan di level Asia. Di tahun 2011, Andra sukses jadi juara 2 di ajang Formula Renault Asia. Waktu itu ia hanya terpaut 40 poin dari juara 1 yang merupakan seorang pria asal Jepang, Yuki Shiraishi.

Perempuan Jangan Mau Kalah

Andra ingin agar kaum perempuan gak usah takut bersaing dengan pembalap pria. "Saya bukan ingin membuktikan bisa mengalahkan laki-laki, atau perempuan bisa mengalahkan laki-laki. Saya hanya mau bilang kita punya kesempatan yang sama. Soal kalah atau menang, itu urusan nanti," ujarnya saat diwawancarai CNN. Dukungan ini ia tunjukkan melalui perannya sebagai koordinator WIM (Woman In Motorsport) di organisasi IMI (Ikatan Motor Indonesia). Melalui organisasi nasional ini, Andra ingin membantu mengumpulkan para pembalap wanita yang tersebar di berbagai daerah.

Berani gak nantang Andra balapan di sirkuit?
A. Berani
B. Gak berani ah takut kalah
65 votes

Komentar (1)

Fresh