Kasus Bunuh Diri Massal Dunia | OPINI.id

Banyak kasus bunuh diri massal yang terkenal di dunia. Beberapa Kasus tersebut ada yang berkaitan dengan sejarah di sebuah negara maupun daerah. Penasaran? Simak !

1. Puputan, Bali

Bunuh diri massal pernah terjadi di Bali pada tahun 1906, di zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu sejumlah militer Belanda tengah mengepung kawasan kerajaan Badung. Pasukan kerajaan saling menusuk satu sama lain. Walaupun tragis, mereka percaya bahwa hal ini dilakukan untuk kebaikan orang banyak. Mereka melakukan hal ini demi kebaikan bersama agar tidak ditangkap dan dijadikan budak oleh pihak Belanda.Lebih dari 1000 orang Bali bunuh diri pada bulan September yang hangat sore itu, menyisakan sedikit hal untuk dilakukan bagi Belanda. Tidak hanya sampai situ saja waktu mayat mulai dikremasi banyak wanita yang masih hidup ikut bunuh diri dengan masuk kedalam kobaran api.

2.Jauhar, Rajput, India

Jauhar adalah praktek bunuh diri massal perempuan yang terjadi di kerajaan Rajput yang diserang dinasti Mughal, sehingga wanita wanita Rajput terhindar dari penangkapan yang mencemarkan di tangan musuh. Abad ke-14, Rani Padmini, ratu Chittor, memimpin semua wanita kerajaan dan anak-anak mereka untuk melompat ke api unggun dalam rangka untuk melindungi diri dari nafsu tentara Sultan Delhi. Sementara para wanita dan anak-anak melakukan bakar diri, para laki-laki dewasa (ayah, suami dan anak) menghadapi para penyerang, sampai mati. Sebuah praktek yang dimaksudkan untuk melindungi kehormatan kedua jenis kelamin. Jauhar kedua dan ketiga terjadi di Chittor selama abad ke-16 (1535 dan 1568), yang menjadi pemusnahan seluruh garis keturunan Rajput.

3.People’s Temple Jonestown Massacre, Guyana

Peristiwa ini merupakan kejadian yang paling mengenaskan dimana 913 anggota perkumpulan di Jonsetown ditemukan tewas akibat keracunan. Awalnya organisasi religus tersebut bertujuan untuk membantu banyak orang. Namun, lama kelamaan perkumpulan ini berubah menjadi semakin bertentangan dengan tujuan awal mereka. Jim Jones yang merupakan ketua perkumpulan ini justru menjadi anarkis dan mengancam para anggota dengan tindak kekerasan. Dirinya juga mengajak semua orang pada perkumpulan untuk melakukan bunuh diri dengan menenggak jus beracun. Setelah kejadian ini terjadi Jones diketahui tewas dengan luka tembakan di kepala. Kemudian kasus ini menjadi kontraversi karena mulai muncul bahwa kejadian ini benar -benar terjadi atau tidak juga ini termasuk pembunuhan atau bunuh diri massal.

4.Sicarii Rebels, Masada, Israel

Pada tahun 60 Masehi, saat tombak dan catapult adalah senjata perang, penaklukan Romawi di Yudea memaksa 960 yahudi fanatik untuk berpindah dan kemudian membuat barikade di benteng Raja Herodes. Benteng, dibangun di atas dataran tinggi berbatu di Gurun Yudea, yang sampai saat ini puing puingnya masih ada. Kelompok ini tinggal di sana selama setengah dekade, membangun pemukiman dan perlahan-lahan berkembang, sampai pengepungan Romawi tahun 72 M, ketika Kaisar Flavius ​​Lucius Silvius menugaskan untuk membombardir dinding benteng dan menangkap para pemberontak. Dia tidak tahu bahwa pada akhir pembombardiran, hanya bangunan dan mayat busuk dari mereka yang memilih mati daripada menyerah yang ditemukan para prajuritnya. Hanya dua perempuan dan lima anak-anak selamat untuk menceritakan kisah tentang bagaimana mereka mati -

5. Harakiri/Seppuku, Jepang

Sebuah tradisi nyata yang melibatkan darah dan nyali datang dalam bentuk ritual bunuh diri Jepang, yang dikenal sebagai Seppuku atau Harakiri. Sebagai bagian dari kode kehormatan Samurai Bushido, bunuh diri dipraktekkan untuk mempertahankan kehormatan atau mengurangi rasa malu. Individu akan mengambil pedang pendek dikenal sebagai tanto dan menghunjamkannya ke dalam perutnya, membuat tusukan yang mengeluarkan isi perut dengan menyakitkan dan mematikan. Terakhir, untuk memastikan kematiannya, asisten Samurai itu akan memenggal kepalanya. Ini adalah kebiasaan umum selama pertempuran. Dengan cara ini seorang prajurit terhindar dari kematian atau penyiksaan oleh musuh. Cara ini juga digunakan untuk menghukum pelanggaran serius.

Sumber

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3139114/5-kasus-bunuh-diri-massal-paling-mengerikan-ada-di-bali-juga http://terselubung.in/top-10-bunuh-diri-massal-di-dunia-2/ https://www.brilio.net/creator/3-kasus-bunuh-diri-masal-oleh-kultus-agama-yang-paling-terkenal-dalam-sejarah-021726.html https://plus.kapanlagi.com/kasus-bunuh-diri-massal-ini-mengerikan-banget-d663b3-8.html

Komentar

Fresh