Cuaca Tinggi di Bulan Puasa Nanti | OPINI.id

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu udara saat bulan Ramadhan mencapai 34 derajat celcius. Tingginya suhu ini disebabkan seluruh wilayah Indonesia sudah masuk musim kamarau.

Hindari kegiatan yang bisa menyebabkan dehidrasi selama bulan Puasa, nah gimana cara kita supaya tidak dehidrasi selama berpuasa? Simak, ini tips dari gue sendiri.

Minum banyak di kala sahur dan berbuka

Kehausan di bulan Puasa itu wajar tapi dehidrasi di bulan puasa no way! Oleh karena itu perbanyak minum air pada saat sahur dan berbuka. Disarankan meminum air sebanyak 8 sampai dengan 12 gelas pada saat sahur dan berbuka. Delapan gelas bukan jumlah yang sedikit, nah tipsnya jangan terlalu mepet sahurnya..karena 8 gelas air tidak akan masuk ke perut dengan mudah dalam waktu cuma 15 menit misalnya LOL. Hindari air dingin, banyak minum air hangat. Usahakan selalu ada makanan sup dan buah-buahan selama sahur dan berbuka.

Hindari banyak rempah dan garam

Hindari sementara makanan-makanan asin selama puasa. Sebab banyak makan garam akan membuat tubuh semakin haus dan cairan berkurang.

Hindari manis berlebihan di kala sahur

Riset bilang walaupun makanan manis akan menambah banyak energi buat badan, namun memakan makanan manis di awal dalam jumlah banyak akan membuat badan lebih membutuhkan cairan lho. Nah, jadi makanlah makanan manis lebih banyak ketika berbuka, karena ini akan merangsang tubuh untuk minum lebih banyak guna mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa.

Kafein dan Nikotin

Kafein adalah substansi diuretic alami. Dengan meminum banyak kafein maka cairan dan garam akan lebih banyak dikeluarkan lewat urine. Jadi hindari kafein banyak-banyak selama puasa. Selain kafein, sebenarnya hindari minum minuman berkarbonasi (soda) dan teh. Sama halnya dengan kafein, dua minuman ini bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan cairan dan garam dalam jumlah besar.

Hindari terpaan sinar matahari langsung

Olahraga selama berpuasa buat beberapa orang tidak masalah, tapi percaya deh itu gak normal di saat puasa. Waktu yang tepat buat berolahraga (berkeringat) di saat bulan puasa adalah setelah berbuka pastinya. Masuk akal kan.. kalau memang pekerjaanmu bukan olahragawan, hindari deh olahraga selama waktu puasa.. lakukan setelah berbuka. Asik kan?

Jujur aja! Apakah gorengan jadi makanan favoritmu (paling sering) saat berbuka puasa?
Iya
Gak lah
358 votes

Komentar

Fresh