7 Cara Efektif untuk Move On | OPINI.id

Rasa sakit hati membuat kita sulit untuk melupakan kenangan-kenangan yang indah, dan seakan-akan kita terjebak pada kenangan tersebut. Namun, kita harus keluar dari perasaan seperti itu dan move on!

1. Apa yang Kamu Rasakan?

Kamu harus memahami perasaan kamu sendiri! Apakah itu rasa sedih, galau, sakit hati, marah, dengki atau perasaan-perasaan lain yang membuatmu tidak nyaman. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu tidak membohongi dirimu sendiri jika kamu sedang mengalami perasaan tidak nyaman.

2. Apa Penyebab Perasaan Tidak Nyamanmu?

Setelah kamu memahami perasaanmu maka kamu dapat menganalisis darimana rasa tidak nyaman tersebut muncul. Apakah perasaan itu berasal dari putus cinta? dikucilkan? dibully? atau dari perilaku dan lingkungan tidak enak lainnya? Jadi kamu tahu penyebab mengapa kamu merasa tidak nyaman dan menderita.

3. Terima dan Lepaskan

Terima rasa sakitmu dan lepaskanlah penyebab rasa sakit hatimu. Jangan melekat terhadap kesedihan. Mengapa kamu sakit hati? karena kamu selalu mengingat dan merasakan perasaanmu pada masa lalu. Kamu harus mampu menerima rasa sakit itu, jangan menipu dirimu dengan perasaan dan harapan semu. Setelah itu ikhlaskanlah, maka kamu akan merasa lebih tenang.

4. Selesaikan Permasalahnmu, Jangan Lari dari Masalah!

Kamu perlu menyelesaikan permasalahan-permasalahanmu jika kamu ingin bebas dari perasaan tidak nyaman. Selesaikanlah dengan mengurutkan solusi-solusi yang memungkinkan untuk kamu lakukan. Solusi tersebut dapat datang setelah kamu memahami perasaan tidak nyamanmu, penyebab perasaan tersebut dan masukan-masukan dari orang lain. Jangan lari dan acuh dari masalah dengan mencari pengalihan, contohnya baru putus cinta, lalu langsung mencari sosok pengganti. Kemungkinan besar kamu akan mengalami hal yang sama dan menyakiti perasaan si pengganti rasa cintamu itu.

4. Curhat!

Ceritakan perasaanmu dan hal apa yang membuatmu menderita ke orang-orang terdekat atau kredibel seperti keluarga, sahabat, psikolog dan pemuka agama. Hal ini dapat membantu kita untuk merasa lebih lega dan mendapatkan opsi solusi dari mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan perhatian dan bantuan dari orang lain. Tapi, perlu diingat bahwa jangan sampai salah tempat curhat, yang terjadi akan menambah rasa sakit hati atau dimanfaatkan.

5. Selesaikan Permasalahnmu

Kamu perlu menyelesaikan permasalahan-permasalahanmu jika kamu ingin bebas dari perasaan tidak nyaman. Selesaikanlah dengan mengurutkan solusi-solusi yang memungkinkan untuk kamu lakukan. Solusi tersebut dapat datang setelah kamu memahami perasaan tidak nyamanmu, penyebab perasaan tersebut dan masukan-masukan dari orang lain.

6. Perbanyak Aktivitas Positif

Kamu dapat merasa lebih lepas dari perasaan tidak nyaman dengan memperbanyak aktivitas yang positif dan menyenangkan seperti olahraga, bermain video games, nonton film, aktif di komunitas dan tempat ibadah. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat menjadi pengalihan yang positif dan membuatmu lebih fokus pada hal-hal lain.

7. Hidup Penuh pada Momen saat Ini

Masa lalu tidak dapat diulang! Jangan terikat oleh masa lalu, yang lalu biarlah berlalu. Jangan juga terikat pada masa depan sampai menunda-nunda hal penting pada saat ini! Tapi jadikanlah masa lalu sebagai pembelajaran kamu untuk menjadi lebih dewasa, dan masa depan sebagai motivasi untuk kita. Perlu diingat bahwa kamu hidup pada momen saat ini dan sekarang. Jika kamu menabur hal-hal positif pada saat ini, maka di masa yang akan datang otomatis kamu akan menuai hal positif juga, begitu juga sebaliknya. Fokuslah pada momen sekarang, dan move on!

Apakah artikel ini membawa manfaat?
Iya
Tidak
258 votes

Komentar

Fresh