Hal Unik dari Situs Gunung Padang | OPINI.id

Pernah denger Situs Gunung Padang? Situs ini memang menyimpan banyak misteri untuk dipecahkan asal-usulnya. Tapi, dari hasil penelitian yg udh dilakuin para peneliti kamu harus tau hal unik dari Situs ini. Yuk simak!

Situs Megalitikum Terbesar di ASEAN

Situs Gunung Padang memiliki luas 900 meter pada permukaannya yang menjadi kompleks utama situs tersebut. Situs Gunung Padang di gadang-gadang menjadi Situs Megalitikum dengan Punden Berundak terbesar di ASEAN bahkan terbesar di Dunia.

3x Lebih Besar dari Candi Borobudur

Dilihat dari sejarahnya Candi Borobudur pun ditemukan dalam keadaan tertutup bukit, berantakan, dan hanya terlihat batuan terukir di setiap ujungnya. Barulah, pada tahun 1814 Thomas Stamford Raffles memerintahkan untuk melakukan penggalian pada bukit tersebut hingga akhirnya terlihatlah keseluruhan bangunan Candi Borobudur. Begitu pula spekulasi para peneliti Situs Gunung Padang yang mengatakan bahwa dari temuan-temuan yang diperoleh diduga kuat di bawah permukaan seluas 900 meter persegi ada bangunan yang jauh lebih besar bahkan besarnya mencapai 3x dari Candi Borobudur. Luasnya pun 10x lebih besar dari Candi Borobudur. Candi Borobudur berdiri di area seluas 1,5 hektar sedangkan Gunung Padang berdiri di area seluas 15 hektar. Wah hebat yah!

Gunung Padang berusia 25.000 tahun SM

Hasil uji radiometrik karbon (carbon dating) pada kedalaman 5-12 meter yang dilakukan oleh Beta Analytic Miami sangat mengejutkan. Yaitu, usia Situs Gunung Padang adalah 25.000 SM.

Lebih Tua dari Piramida Giza di Mesir

Piramida Giza merupakan salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Tapi tahukah kalian? Kalo Piramida Giza itu usianya hanya 2560 SM. Kalah jauh jika di bandingkan dengan Situs Gunung Padang yang berusia 25.000 SM.

Ada Batu Andesit yg Mengeluarkan Bunyi

Di Situs Gunung Padang juga terdapat batu yang mengeluarkan bunyi seperti alat musik.

Teknologi Maju Pada Masanya

Menumpuk dan menyusun batu hingga membentuk sebuah banguan dengan desain arsitektur tidaklah mudah. Perlu perhitungan matematis dan rancangan yang tepat untuk menyusun ribuan batu tersebut. Di zaman sekarang mungkin bisa menggunakan komputer, alat berat, arsitek, dan teknologi pendukung untuk menyusun batu tersebut. Tapi, untuk orang-orang yg hidup pada 25.000 SM menggunakan teknologi seperti apa untuk membangun situs seperti ini?

Hasil Risetnya Mengubah Sejarah Dunia

Jika benar, tentu hasil riset Situs Gunung Padang akan mengubah sejarah dunia. Peradaban manusia di dunia saat ini selalu mengarah pada bangsa Mesopotamia dan Mesir dengan peninggalan kunonya berkisar 10.000-7.000 SM. Tapi bayangkan, jika benar secara ilmiah Situs Gunung Padang berusia 25.000 SM maka awal peradaban manusia di dunia ini bukan lagi Mesopotamia atau Mesir, tapi Indonesia.

Berjarak 130 KM dari Jakarta

Lokasi Situs Gunung Padang ini bisa dikatakan tidak begitu jauh dari Ibu Kota. Hanya 130 KM. Lokasi tepatnya berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Setelah lihat artikel ini. Tertarik mengunjungi Situs Gunung Padang?
Tertarik Banget!
Tertarik sih, tapi kapan yah?
1266 votes

quote-mark

Sumber :http://wisatalova.com/fakta-misteri-situs-gunung-padang/triptrus.comatlantis-indonesia.orgtravel.kompas.id

Sumber

http://wisatalova.com/fakta-misteri-situs-gunung-padang/ triptrus.com atlantis-indonesia.org travel.kompas.id

Komentar (2)

Fresh