Trauma Psikis, Kenali Tandanya!! | OPINI.id

Banyak kejadian-kejadian yang dialami seseorang yang sangat membekas dan kadang menyakitkan. Seperti kecelakaan, bencana alam, kehilangan dan hal-hal buruk lainnya yang datang tidak terduga. Dan hal tersebut bisa menjadi trauma. Apapun penyebabnya trauma itu membekas dan sangat sukar dilupakan. Berbagai orang memiliki respon yang berbeda. Ini beberapa tanda yang sering dirasakan ketika trauma,,,,

1. Mengingat peristiwa menyakitkan terus menerus.

Kebanyakan orang akan terus berpikir tentang masa lalunya yang kelam. Karena begitu menyedihkan dan mengerikan susah untuk melupakannya. Dan ingatan tersebut seolah menjadi nyata dan hari -hari pun menjadi mimpi buruk baginya. Tapi setiap orang memiliki respon yang berbeda tergantung dari kejadian tersebut.

2. Mimpi Buruk

Dalam kehidupannya sudah merasakan mimpi buruk. Dalam tidurpun kadang kejadian-kejadian tersebut akan muncul kembali. Apalagi ketika sebelum tidur kita sudah memikirkan hal-hal yang kita alami selama beraktivitas. Seolah-seolah otak ingin mengingat kembali memori tentang kejadian tersebut.

3. Mudah Emosional

Nahh secara tidak sadar kadang seseorang yang mengalami trauma akan merasa emosional Marah, sering menangis, merasa bersalah. Itu semua karena sebagia pengganti dari rasa cemas dan ingin mudah merasa tenang melalui luapan emosi. Marah ketika kita melihat hal serupa atau orang yang pernah menyakiti. Menangis ketika mengingat kembali atau ketika ada peristiwa buruk lainnya. Merasa bersalah pada diri sendiri ketika ada orang mengalami hal serupa.

4. Mengkritik Diri sendiri karena Trauma

Menjadi sedih dan lemah adalah ironi bagi seseorang yang mengalami trauma. Dan akhirya dia akan mengasihani dirinya sendiri dan menganggap bahwa dia orang yang paling malang.

5. Menjadi Sangat Berhati-hati

Karena takut kejadian itu terulang, seseorang yang memiliki trauma akan lebih tertutup, selalu menanyakan hal-hal yang negatif , yang mungkin akan terjadi. Ini disebakan karena sikap hati-hati yang ditimbulkan akibat trauma.

6. Sulit Tidur

Tidur sangat dibutuhkan demi kualitas hidup dan lebih bahagia karena sudah mengistirahatkan otak dan tubuh. Berbeda bagi orang yang trauma. Tidur adalah hal yang sulit, sebab hampir seluruh isi pikirannya dia harus tetap terjaga dan jika dia tidur akan ada hal-hal yang berbahaya. Selain itu, juga dikarenakan sering mengalami mimpi buruk yang akhirnya memilih untuk tidak tidur.

7. Mudah Terkejut

Karena rasa takut dan cemas, sangat mudah bagi dia untuk terkejut. Padahal hal-hal tersebut sangat biasa dan dia akan marah ketika atau orang atau sesuatu yang membuatnya terkejut.

8. Menghindari Apapun yang Berhubungan dengan kejadian tersebut

Dia akan menolak orang, tempat, atau apa saja yang berkaitan dengan kejadian yang buat dia trauma. Karena hal-hal tersebut bisa membuat dia mengingat kembali dan takut tiba-tiba hal tersebut bisa terulang.

,,,,

Nahhh Bagaimana?? Banyak tanda-tanda seseorang mengalami trauma, ada tanda lainnya yaitu: 1. Flashback 2. Cemas dan takut 3. Mati rasa 4. Berupaya menghindari tempat-tempat yang berkaitan dengan kejadian 5. Berupaya melupakan kejadian 6. Melihat Bahaya dimanapun 7. Berpikir harus mengatasi trauma dengan berbagai cara 8. Merasa diri lemah dan tidak berarti

Sumber

https://dosenpsikologi.com/trauma-psikologis http://intisari.grid.id/read/0331655/inilah-21-tandanya-jika-seseorang-mengalami-trauma-psikis-1?page=3 http://intisari.grid.id/read/0331656/inilah-21-tandanya-jika-seseorang-mengalami-trauma-psikis-2 https://www.newyorker.com/tech/elements/can-trauma-help-you-grow https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mimpi-buruk-pada-orang-dewasa/

Komentar (2)

Fresh