Beberapa Fitur Kamera Yg Perlu Diketahui | OPINI.id

Berikut ini adalah beberapa fitur kamera yang perlu di ketahui, untuk penguna kamera baru. Sumber : http://askthephotographer.com/2016/01/20-hal-yang-harus-diketahui-oleh-pemilik-kamera-baru/

1. Mode pada kamera digital

Pilihan mode terdapat pada panel berbentuk bulat disetiap kamera DSLR. Gambar-gambar/icon sebenarnya sudah sedikit bisa menjelaskan fungsinya seperti landscape dengan gambar gunung atau portrait dengan gambar manusia, M untuk setting manual dimana kita bisa merubah sebaga setting semau kita. Link diatas akan memperjelas dan membahas satu persatu tentang beberapa mode yang dimiliki kamera baik pada kamera canon maupun nikon.

2. White balance

Pada dasarnya setiap sumber cahaya memiliki temperatur warna berbeda. cahaya neon dan lampu pijar, atau cahaya matahari terik dan ternaungi akan nampak berbeda didepan kamera. Oleh karena itu kita perlu memahami beberapa preset sebagai pilihan atau kita bisa menggunakan custom white balance untuk mendapatkan temperatur sesuai dengan keinginan.

3. Membaca histogram

Histogram nampak “cukup sulit” bagi mereka yang pertama kali melihatnya. Terlihat rumit karena seperti chart yang membungungkan, namun kenyataanya histogram sangat mudah dibaca. Dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa melihat langsung kondisi gambar apakah memiliki kondisi pencahayaan seimbang, over atau under exposed.

4. AEB atau auto exposure bracketing

Dengan fitur ini kita bisa mendapatkan 3 gambar sekaligus dengan pencahayaan berbeda. Satu gambar under exposed, seimbang dan over exposed. Di quick setting kita bisa merubahnya dengan cepat, sehingga tidak khawatir mendapatkan gambar dengan pencahayaan yang tidak tepat. Metode ini sering berhasil karena banyaknya gambar yang dihasilkan salah yang satunya berpotensi untuk tampil maksimal.

5. Cara memegang kamera

Memegang kamera ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. menggunakan tangan maka perlu mengetahui korelasinya dengan panjang focal yang digunakan, semakin panjang maka akan semakin cepat shutter speed yang dibutuhkan karena berpotensi menghasilkan blur.

6. Cara menggunakan focal lock

Seringkali kita akan mendapatkan gambar blur saat belajar, namun focal lock adalah salah satu fitur fokus yang membantu menghasilkan gambar yang lebih tajam dan bebas blur.

7. Mendapatkan gambar tajam dimalam hari

berbeda pencahayaan berbeda pula penanganan yang dibutuhkan. Dimalam hari kita bisa memanfaatkan lampu-lampu kota sebagai bokeh, serta shutter speed lambat yang dipadukan dengan slow sync flash sehingga gambar tajam bisa dihasilkan di malam hari.

8. Mendapatkan bokeh yang menarik

Bokeh merupakan area tidak tajam/area blur yang bisa tampil sangat menarik dan merupakan bagian penting dalam fotografi. Terdapat beberapa hal yang mampu mempengaruhi luas sempitnya area depth of field/area tajam, termasuk focal length lensa, jarak dengan subjek, bukaan aperture yang digunakan serta jarak subjek dengan background.

9. Memahami segitiga eksposure

Karena sedemikian pentingnya cahaya dalam fotografi, pada lensa/kamera terdapat 3 pengaturan khusus cahaya yakni shutter speed, ISO dan Aperture. Ketiganya saling berkaitan terhadap jumlah cahaya yang memasuki sensor.

10. Perawatan lensa dan kamera

Kamera dan lensa merupakan barang yang cukup rentan terhadap kelembaban, perubahan suhu, debu dan tentunya benturan. Beberapa tips didalamnya membantu menjaga agar kamera tetap “sehat” dan terlindung dari berbagai masalah yang kadang tidak kita ketahui.

11. Jenis flash kamera DSLR

Terdapat beberapa jenis flash eksternal untuk kamera DSLR. Flash tersebut merupakan aksesori penting yang ditawarkan dengan berbagai pilihan sehingga terkadang kita bingung memilih mena yang paling sesuai.

12. Lensa makro dan kegunaannya

Fotografi makro mampu menampilkan benda berukuran kecil yang kadang tidak terlihat dengan mata telanjang sehingaga gambar yang dihasilkan berkarakter unik dan jarang dijumpai. Lensa makro sendiri tentu berbeda karena memiki magnification factor yang tidak didapati pada lensa lain

13. Lensa wide angle

berbeda dengan lensa makro, lensa wide angle memiliki sudut pandang yang lebar dan memiliki kelebihan dalam hal mengabadikan landscape. Cara menggunakannya juga akan berbeda dengan lensa lain, dimana lensa ini akan menggunakan beberapa aksesori lain seperti filter, tripod, maupun shutter release.

14. Lensa portrait

Lensa portrait memiliki focal length tertentu dan gambr yang dihasilkan akan nampak natural dari focal length tersebut. Berbeda dengan lensa wide angle maupun lensa super tele yang mendistorsi bentuk wajah, lensa portrait berkarakter menampilkan bentuk sesuai kondisi aslinya dan kemampuan bokeh pada lensa ini sangat diperlukan guna mengisolasi subjek dari area sekitar.

15. Rule of third

Rule of third merupakan komposisi yang paling sering digunakan dan terbukti mampu menghasilkan gambar yang menarik. Pemula beiasanya terpaku dengan area tengah dalam gambar jarang menempatkan gambar di area pinggir, padahal justru area tersebut yang mampu menghasilkan gambar lebih menarik

16. Point of interest

Dalam sebuah gambar selalu diperlukan point of interest atau fokus utama. Fokus tersebut sangat dominan dibandingkan area lain dalam gambar, dan area lain bertujuan untuk semakin menonjolkan area fokus. Tanpa fokus maka tidak akan ada daya tarik dan gambar tidak akan tampil menarik

17. Meluruskan garis horizontal

Seringkali garis horizontal/cakrawala tampil miring, padadal akan sangat aneh jika garis tersebut tidak tampil lurus. Demikian pula atap-atap gedung maupun lantai yang seharusnya lurus perlu ditampilkan lurus untuk memperkuat kesan alami.

18. Fill in frame

Merupakan salah satu teknik komposisi yakni mengisi penuh gambar dengan subjek. Cara ini seringkali efektif saat background kurang menarik dan ingin memperkuat kesan tertentu dari subjek, seperti kesan cantik yang biasanya di zoon diarea wajah, atau kesan tua yang dizoom pada kulit keriput dll.

19. Background yang menarik

Tidak hanya subjek, namun background juga perlu tampil menarik, apakah diberikan blur atau ditampilkan tajam, semua adalah pilihan.

20. Filter

Filter merupakan salah satu akseori/alat bantu untuk mendapatkan gambar menarik, sebut saja filter polarizer, ND, Atau Graduated Neutral Density yang kerap digunakan oleh fotografer lanscape serta banyak pilihan filter lain yang mungkin masih jarang kita dengar.

Komentar (3)

Fresh