Hindari Hal Ini Pas Minta Naik Gaji | OPINI.id

Siapa sih yang tidak mau naik gaji ? semua juga mau, tetapi kadang kita suka kebablasan pas minta naik gaji ke bos. Selama aku jadi HR ini adalah kesalahan-kesalahan pegawai pas minta naik gaji ke atasan.

Pikirkan Waktu Yang Tepat

Timing itu penting untuk mencapai berbagai keberhasilan dalam hidup kita. Pas mau nembak gebetan, kita harus perhatikan timing kita, jangan sampai kita menembak gebetan, ketika ada kerabatnya yang baru meninggal misalnya, ini akan sangat mengurangi kemungkinan kamu untuk berhasil. Begitu pula dengan meminta kenaikan gaji. Ketika perusahaan sedang untuk besar dan keuangannya sedang baik, ini adalah saat yang tepat untuk minta naik gaji. Jangan ketika perusahaan sedang merugi.

Ini Bukan Tentang Kamu Saja

Hal berikut sering aku temui di tempat kerja aku. Banyak pegawai yang suka meminta kenaikan gaji dengan cara ini : "Saya sudah tidak naik gaji sejak...." Cara ini membuat kamu terlihat egois. Karena semuanya karena kamu, bisa jadi tidak naiknya gaji kamu, karena performa kamu memang jelek atau kondisi ekonomi yang sedang sangat sulit. Fokuslah saja pada kinerja kamu, dan betapa kerja kamu sangat baik dan menguntungkan perusahaan.

Kamu Digaji Untuk Kerja

Kalau kasus yang satu ini adalah pendapat aku pribadi. Aku merasa ketika kita sudah digaji untuk melakukan suatu pekerjaan. Janganlah menuntut kenaikan gaji, karena kamu sudah mengerjakan pekerjaan itu. Banyak pegawai yang meminta kenaikan gaji, dengan alasan karena dia sudah melakukan pekerjaannya. Ini membuat aku tepok jidat sebenarnya. Ingat kenaikan gaji adalah bonus, berarti kita harus bekerja ekstra untuk mendapatkan kenaikan tersebut, bukan bangga karena mengerjakan sesuatu yang memang seharusnya kita kerjakan.

Jangan Gelap Mata

Walaupun kamu sudah mencari timing yang tepat, sudah punya produktivitas yang tinggi terhadap pekerjaan kamu, dan sudah menguntungkan perusahaan, tetapi jangan pernah meminta kenaikan gaji dengan angka yang fantastis. Mintalah kenaikan gaji yang sewajarnya. Umumnya untuk junior kenaikan gaji berkisar antara 10-30% dan senior dari 5-10%.

Berani Nanggung Segala Risiko

Ini 1 hal yang paling-paling-paling tidak boleh kamu lakukan. Dari beberapa kasus aku melihat hal ini terjadi, rata-rata berakhir dengan pemecatan atau minimal SP. Jangan mengancam atasan kamu, kalau kamu tidak dinaikkan gajinya, kamu akan berhenti. Atasan kamu tidak suka diancam. Minimal kalau kamu yakin mau mengancam seperti itu, dan atasan kamu memang tidak menaikkan gaji kamu, segeralah berhenti, kalau tidak hidupmu akan menjadi seperti neraka.

Komentar

Fresh