Potensi Tsunami Jangan Diabaikan | OPINI.id

Potensi tsunami bisa terjadi di banyak tempat di Indonesia. Hasil penlitian dan mitigasi bencana tsunami mustinya jadi perhatian serius. Bukan untuk menebar ketakutan, tapi antisipasi biar ga banyak korban kalau sewaktu-waktu terjadi.

Tsunami Selat Sunda

Hasil penelitian Widjo Kongko dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ), potensi tsunami bisa landa kawasan pantai sekitar Selat Sunda antara Jawa dan Sumatera. Pemicunya kalau terjadi gempa dahsyat atau megathrust bersumber di lempeng tektonik. Peta risiko bencana telah diterbitkan dalam buku "Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017" yang disusun oleh Pusat Studi Gempa Nasional PusLitBang Perumahan & Pemukiman BaLitBang Kementerian PUPR.

Tsunami Barat Sumatera

Hasil penelitian Danny Hilman Natawidjaja dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), ada potensi tsunami di pesisir barat Sumatera jika terjadi gempa dahsyat atau megathrust di lempeng tektonik sekitar Kepulauan Mentawai. Pesisir pantai Sumatera Barat dan Bengkulu adalah daerah-daerah yang harus paling waspada tsunami.

Tsunami Selatan Jawa

Banyak ahli yang memperkirakan pernah terjadi tsunami secara berulang di pesisir selatan Jawa. Hasil pengeboran yang dilakukan Eko Yulianto, peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menemukan deposit tsunami yang diperkirakan terjadi antara tahun 1685 hingga 1723. Tsunami juga pernah melanda Pangandaran pada tahun 2006.

Komentar

Fresh