Marquez Senggol Rossi | OPINI.id

Kisah seru ada di balapan Moto GP di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Senin pagi-pagi buta (9/4). Marc Marquez senggol Valentino Rossi, yang sama-sama tengah berebut posisi 6. Marquez balas insiden beberapa tahu silam?

Ngaku Insiden Biasa

Gaya balapan Marquez memang sudah banyak diprotes banyak pembalap lain, termasuk seniornya, Rossi. Waktu GP Argentina, Marquez 'menyenggol' Rossi di Turn 13. Akibatnya Rossi melebar, terjatuh, dan marah. Tapi Marquez mengaku, "dengan Valentino, saya pikir saya tidak melakukan kegilaan apapun. Maksud saya, saya berada di tikungan, berusaha memahami kondisi trek. Tentu saja racing line kering, tapi saya menyentuh area basah, bagian depan terkunci, melepas rem." Dilansir Crash.net, dia menegaskan, "oke, saya memang bersenggolan. Saya berusaha membelok, dan kemudian ketika melihat dia terjatuh, saya berusaha meminta maaf."

Cek detail crash Rossi-Marquez

Yang mau cek full race MotoGP Argentina, sirkuit Termas de Rio Hond

'The Doctor Marah Besar'

Insiden tabrakan dengan Marquez sebabkan Rossi marah. Sembrono. Iya, kata ini jadi yang paling tepat menggambarkan gaya Marquez di sirkuit. Rossi sampai bilang, Marquez telah menghancurkan keasikan di MotoGP. "Ini situasi yang sangat buruk, karena dia menghancurkan olahraga kami. Dia gak punya sedikit respek untuk para rivalnya, gak pernah," diakui Rossi. Berusaha meraih posisi tercepat tentu diharuskan, hanya mengukur keadaan di sekitar, khususnya rival, tentu tetap harus dimiliki pembalap.

Marquez bahaya. Gak cuma dengan Rossi, dia juga senggol Aleix Espargaro. Akibat aksi bahaya itu, Marquez kena hukuman turun satu posisi dalam balapan.

Bos Jarvis Ingatkan Masa Depan MotoGP

Bos Movistar Yamaha, Lin Jarvis mengkritik Marc Marquez karena bikin bahaya. ""Sebagai sebuah tim, kami tak bisa menerima tindakan semacam ini oleh Marquez," kata Jarvis yang merujuk pada dua insiden, yakni dengan Rossi, juga Espargaro. "Kami langsung menuju race direction untuk menegaskan posisi kami dan Valentino ikut bersama kami untuk mengungkapkan opininya secara langsung. Sekarang kami harus menunggu race direction dan FIM. Mereka harus memutuskan apakah mereka bisa berbuat lebih karena mereka sudah memberinya penalti 30 detik dalam balapan," Jarvis menambahkan.

Marquez Ngeyel

Saking bahayanya, Marquez sampai dihukum langsung 3x. Yang awal, terjadi sebelum lomba. Motornya mati diinstruksikan untuk masuk ke pit dan memulai dari sana. Tapi doi nekat menghidupkan kembali motornya dan tetap start dari grid. Alhasil dia dihukum penalti ride through. Dua insiden setelahnya, ya dengan Aleix Espargaro dan Valentino Rossi.

Komentar

Fresh