Beda Loh, Makarel Tuh Bukan Sarden | OPINI.id

Baru-baru ini sempat heboh soal adanya cacing dalam produk ikan kalengan. Tulisan dalam berita menyebut, ada cacing dalam makarel kalengan. Namun di paragraf berikutnya, mereka menyebutnya sarden kalengan. Istilah " sarden kaleng" memang lebih tenar ketimbang "makarel kaleng". Sehingga produk ikan makarel kalengan pun acap kali disebut juga sebagai "sarden kaleng". Padahal, makarel dan sarden adalah jenis ikan yang berbeda loh..hehehe

Jenis Ikan Kalengan Itu Berbeda

Ikan dalam kemasan kaleng yang beredar di Indonesia biasanya adalah jenis ikan Sarden dan Ikan Makarel. Jadi Sarden dan Makarel bukanlah nama merk dan bukan juga jenis ikan yang sama. Ikan Sarden atau Sardinella sp. merupakan kelompok ikan-ikan pelagis kecil, dari famili Clupeidae yang lebih umum dikenal sebagai ikan herring. Famili Clupeidae terdiri atas 160 spesies dan 50 genus. Sedangkan Ikan Makarel (Makerel, Mackerel) adalah ikan pelagis yang berasal dari famili Scombridae terdiri dari 51 spesies dalam 15 genus dan dua subfamilia. Famili ini mencakup kelompok ikan tenggiri, tuna dan kembung. *pelagis = zona pelagik atau laut lepas

Ukuran

Disebabkan perbedaan famili dari kedua jenis ikan ini maka membuat kedua ikan ini juga berbeda dari segi ukuran. Ikan Makarel umumnya memiliki ukuran rata-rata 35-45 cm dengan berat sekitar 500 gram. Sementara, ukuran ikan Sardinella bisa mencapai 23 cm tetapi pada umumnya hanya 10–15 cm saja. Hal inilah yang membuat ikan Sardinella ini lebih sering dijadikan ikan asin, ikan pindang, atau dikalengkan dengan sebutan ikan sarden.

Bentuk Tubuh

Jika dari segi bentuk tubuh, ikan Sarden hanya memiliki satu sirip yang sangat pendek dan terletak di dekat bagian tengah punggung. Hal ini berbeda dengan ikan Makarel yang memiliki tujuh hingga sembilan sirip yang terletak dari punggung hingga ke ekornya.

Warna Tubuh

Baik sarden maupun makarel merupakan ikan berminyak. Namun permukaan tubuh makarel lebih berminyak dibanding sarden. Sardinella sp. berwarna biru kehijauan pada bagian punggung dan putih keperakan pada bagian lambung. Bahkan beberapa ikan sarden juga punya bintik hitam di punggungnya. Sedangkan ikan makarel memiliki warna punggung kebiru–biruan, pinggiran tubuh dan perut berwarna perak.

Tempat Hidup

Ikan Makarel hidup di perairan tropis dan subtropis. Beberapa hidup di dekat pantai sehingga mudah ditangkap. Umumnya, makarel bisa ditemukan di perairan Atlantik. Pengolahan ikan makarel sebagai makanan lumrah dijumpai di Jepang, Eropa, dan negara berkembang. Sementara, ikan Sarden hidup di laut Mediterania, bahkan julukan ikan ini diambil dari nama dari pulau terbesar kedua di wilayah itu, Sardinia. Ikan Sarden hidup di perairan terbuka dan cenderung hidup dekat permukaan laut Pembudidayaan ikan sarden berkembang di Inggris, Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, Portugal, Prancis, Spanyol, Afrika Selatan, dan Islandia.

Persamaan

Meski berasal dari famili yang berbeda tapi ikan makarel dan ikan sarden punya beberapa persamaan: 1. Kedua ikan ini hidup di kedalaman 20 – 400 meter dan suka melakukan migrasi (walau jalur migrasinya berbeda). Makarel akan menempuh perjalanan migrasi dari barat Irlandia menuju wilayah Viking Bank di Laut Utara. Sementara ikan sarden, akan berpindah ke barat Skotlandia atau Laut Utara. 2. Mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan tubuh kita. 3. Mengonsumsi dua jenis ikan ini bisa mencegah inflamasi, serangan jantung, stroke, kanker, artritis rematik. Termasuk mencegah kolesterol tinggi, diabetes, kanker payudara, kehilangan memori, depresi, resistensi insulin, penyakit arteri koroner, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan gejala pramenstruasi.

Komentar (1)

Fresh