Jenis buah-buahan lokal Bali | OPINI.id

Bali dikenal sebagai daerah yang menyimpan segudang potensi pariwisata. Potensi tersebut didukung oleh kekayaan budaya dan seni yang dimiliki, serta kekayaan sumberdaya alam yang melimpah. Berikut adalah jenis buah-buahan lokal asal bali yang mudah di temui.

Salak Bali

Salak Bali memiliki citarasa yang manis dan juga segar. Daerah yang memiliki potensi perkembangan Salak Bali adalah daerah Karangasem.

Durian Bali

Mesti daging dari durian Bali tidak setebal jenis durian lainnya, namun citarasa dan tekstur dari durian Bali tidak kalah manis dan lembut. Mengenai harga, Durian Bali cenderung lebih murah dari jenis lainnya. Namun hal tersebut menjadi keuntungan bagi para pembeli karena dengan harga murah yang ditawarkan, pembeli dapat membeli Durian Bali dengan jumlah yang lebih banyak. Dilihat dari segi kualitas, Durian Bali tidak kalah dari durian lainnya. Bahkan di awal tahun 2018 lalu, Desa Tajun Buleleng yang merupakan salah satu desa penghasil durian Bali sempat menyelenggarakan Festival Durian guna mengembangkan dan memperkenalkan potensi Durian Bali.

Buah Manggis

Si hitam manis, julukan dari buah manggis merupakan salah satu buah lokal yang juga banyak di temukan di bali. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah manggis juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Ekstrak dari kulit manggis dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit di tubuh manusia. Buah Manggis ini banyak di temukan di derah-deerah berdataran tinggi yang ada di Bali.

Jeruk Bali

Jeruk Bali merupakan salah satu jenis buah khas Bali. Bentuknya yang besar dan bulat serta rasanya yang manis dan dagingnya yang tebal membuat jeruk bali sangat di gemari oleh banyak orang. Selain di konsumsi biasa, Jeruk Bali juga sering digunakan sebagai bahan rujak oleh sebagian orang yang menggemarinya.

Jeruk Kintamani

Tidak hanya terkenal dengan kopinya, Kintamani juga dikenal sebagai wilayah penghasil jeruk. Jeruk Kintamani memiliki rasa yang manis, asam, dan segar. tidak hanya sedap untuk di makan langsung dan diolah menjadi jus, masyarakat di Bali juga menggunakan jeruk Kintamani sebagai buah-buahan pelengkap sarana upacara keagamaan.

Komentar (1)

Fresh