Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah | OPINI.id

Memiliki wajah yang cerah, bersih, dan merona menjadi dambaan setiap orang baik perempuan maupun laki-laki. Terdapat berbagai macam cara untuk mecerahkan wajah, mulai dari cara yang alami hingga menggunkan perawatan medis seperti pergi ke dokter. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan perawatan alami karena cenderung lebih aman dan dapat meminimalisir efek samping. Pada artikel ini akan dijelaskan berbagai macam masker dengan bahan yang mudah didapatkan untuk mencerahkan wajah kamu.

1. Lidah Buaya

Semua orang pasti sudah tau jika lidah buaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Lidah buaya sering diolah menjadi alat-alat kosmetik dan dapat digunakan sebagai masker wajah dan rambut. Cara membuat masker lidah buaya adalah: 1. Belah lidah buaya dan bersihkan dari getahnya 2. Ambil daging lidah buaya dan haluskan 3. Aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit 4. Bilas dengan air bersih Masker ini akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan kenyal. Selain itu, lidah buaya ini dapat membuat bulu matamu menjadi lebih lentik dan panjang, lho!

2. Kopi

Kopi tidak hanya sedap jika diolah sebagai minuman, tetapi juga sangat berguna jika diolah menjadi masker wajah. Kopi dapat menganggkat sel kulit mati, membuat wajah lebih cerah dan halus. Cara membuat masker kopi adalah: 1. Ambil satu sendok teh kopi bubuk 2. Tuangkan sedikit air hingga tekstur kopi mengental 3. Aplikasikan masker ke wajah dan pijat dengan pelan 4. Setelah 5-10 menit, bilas dengan air bersih.

3. Bengkoang

Bengkoang merupakan bahan alami yang paling sering digunakan pada alat kosmetik karena memampuannya untuk mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin C pada bengkoang, sangat ampuh khasiatnya untuk mencegah penuaan dini pada wajah juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas sinar matahari. Cara membuat masker bengkoang: 1. Kupas bengkoang dan cuci hingga bersih, 2. Parut dan peras airnya, kemudian tunggu air perasan itu hingga mengendap. Hasil dari endapan ini disebut sari pati bengkoang. 3. Aplikasikan ke wajah.. Gunakan masker Bengkoang ini pada malam hari, menjelang tidur dan bilas dengan air bersih pada keesokan harinya. Lakukan hal ini agar sari pati bengkoang terserap oleh kulit wajah, sehingga nutrisinya bekerja secara maksimal.

4. Tomat

Selain berguna untuk kesehatan mata, tomat juga sangat berguna untuk kulit. Senyawa lycopene dan vitamin c yang terkandung dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri dan dapat mencegah kulit keriput dan kulit kendur. Cara membuat masker tomat adalah: 1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur 2. Aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 20-30 menit 3. Bilas dengan air bersih. Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan

5. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghilangkan kantung mata dan membuatnya lebih cerah. Masker mentimun sangat cocok digunakan untuk wajah berminyak. Cara membuat masker mentimun adalah: 1. Iris mentimun tipis-tipis 2. Tempelkan pada seluruh wajah 3. Diamkan selama 30 menit 4. Basuh dengan menggunakan air bersih

6. Madu

Selain rasanya yang manis, madu ternyata sangat berguna untuk kesehatan tubuh, terutama kulit. Madu dapat melembabkan sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Anda cukup melakukan hal ini: 1. Ambil 1 sdm madu 2. Oleskan pada wajah 3. Diamkan selama 30 menit 4. Bilas dengan air bersih Selain digunakan sebagai masker wajah, madu juga dapat melembabkan dan menghilangkan bibir yang pecah-pecah, lho. Caranya adalah oleskan madu ke bibir secara merata, diamkan selama 10 menit dan bersihkan menggunakan tisu. Nah itu dia macam-macam masker alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan wajah. Jika kamu rutin melakukan cara alami memutihkan wajah ini setiap hari, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Komentar (2)

Fresh