7 Rumpun Dayak Kalimantan | OPINI.id

Mungkin biasanya orang-orang hanya mengetahui bahwa suku di Kalimantan hanya satu yaitu Dayak, tapi suku dayak ini memiliki kira-kira 405 sub suku yang memiliki ciri-ciri yang berbeda dan beraneka ragam,,, ada Tujuh rumpun dari suku dayak Penasaran? Yuk simak!!!!

1.Dayak Ngaju

Dayak Ngaju (Biaju) merupakan Dayak yang bermukim di daerah aliran sungai Kapuas, Kahayan, Rungan Manuhing, Barito dan Katingan atau di daerah Kalimatan Tengah, Kalimatan Selatan, serta Kalimantan Barat bagian selatan. Dayak Ngaju memiliki sub-suku Ngaju, Bakumpai, Katingan, Meratus, Tomun, dll. Ciri-ciri dari Dayak Ngaju : 1.Masih menganut agama Kaharingan, seperti upacara Tiwah atau upacara mengantarkan roh leluhur. 2.Dominan warna yang dipakai adalah merah. 3.Kain yang dipai berbahan kulit kayu. 4.Dan menggunakan bulu burung enggang dan ruai sebagai hiasan kepala.

2.Dayak Apo Kayan

Dayak Apo Kayan merupakan suku Dayak yang berasal dari Hulu sungai Kayan dan dataran tinggi Usun Apau, Baram, Sarawak. Saat ini Dayak Apo Kayan menyebar di daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat bagian utara, dan Sarawak, Malaysia. Sub-suku yang termasuk dalam rumpun Apo Kayan adalah Kayan, Kenyah, Bahau, Kelabit, dll. Di Malaysia, Dayak Apo Kayan dikenal dengan sebutan Orang Ulu. Ciri-ciri : 1. Telinga Panjang. 2. Dominan warna hitam, putih, dan Kuning. 3. Tato disekujur tubuh tanda status sosial dalam masyarakat. 4. terdapat manik manik yang menghisasi di Bulu burung enggang.

3.Dayak Iban

Dayak Iban, disebut juga Dayak Laut, merupakan rumpun dayak yang berada di daerah utara pulau Kalimantan. Dayak Iban menyebar di daerah Kalimantan Barat bagian utara, Sabah, Brunei, dan Sebagian besar ada di Sarawak. Dari segi bahasa Dayak Iban memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu. Adapun sub-suku dari Dayak Iban adalah Mualang, Seberuang, Melanau, dan lain-lain. Ciri-ciri: 1. Tato sekujur tubuh melambangkan pengalaman seseorang. 2.Menjamu tamu dengan tuak. 3. baju wanitanya ditambah hiasan dari logam.

4.Dayak Klemantan

Dayak Klemantan atau disebut juga Dayak Darat mendiami daerah barat pulau Kalimantan. Rumput dayak ini tersebar di hulu-hulu sungai yang ada di Kalimantan Barat dan Sarawak, Malaysia. Dayak Darat di Malaysia dikenal dengan nama orang Bidayuh. Sub-suku dari Dayak Darat adalah Kanayatn, Bidayuh, Ketungau, dll. Ciri-ciri: 1.Sangat terkenal karena keramahannya dengan pendatang. 2. warna di dominasi oleh hitam, kuning, merah, dan putih. 3.Didaerah tempat tinggal banyak pahatan mirip manusia yang disebut Pantak.

5.Dayak Murut

Darat Murut merupakan rumpun Dayak yang berasal dari derah utara dataran tinggi pulau Kalimantan. Dayak Murut tersebar di daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sabah, Sarawak, dan Brunei. Adapun sub-suku dari Dayak Murut adalah Okolod, Keningau Murut, Paluan, dll. Ciri-ciri: 1.memiliki tarian yang terkenal yaitu tarian Mangunatip. Perkataan Magunatip diambil daripada perkataan "atip" yang bermaksud menekan antara dua permukaan. 2.Pakaian pria terbuat dari kulit kayu atau kain tenun, dengan ikat kepala serta hiasan bulu burung ruai. 3, Pakaian wanita didominasi warna hitam dan dihiasi pernak-pernik dari berbagai warna.

6.Dayak Punan

Dayak Punan merupakan rumpun yang mendiami daerah Kalimantan Timur, Kalimatan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Malaysia. Dayak Punan memiliki sub-suku Hovongan, Penan, Uheng Kareho, Punan Murung, Bukat, dll. Ciri-ciri: 1.Dikenal dari pola hidup yang nomaden atau berpindah-pindah. 2. Pakaian yang sederhana. 3. Alat musik yang biasa dimainkan adalah suling. 4. Memanjangkan telinga.

7.Dayak Ot Danum

Rumpun Ot Danum atau Rumpun Barito adalah salah satu rumpun Dayak yang meliputi seluruh suku Dayak di Kalimantan Tengah,Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur bagian selatan dan Kalimantan Barat bagian tenggara. Ada yang berpendapat bahwa kelompok Dayak Rumpun Ot Danum merupakan induk bagi Rumpun Dayak Ngaju, namun terkadang kedua rumpun dipisahkan. Sub-suku dari Dayak Ot Danum adalah Ma'anyan, Tunjung, Benuaq, Lebang, Undan, dll. Ciri-ciri: 1. Bisa dilihat dari upacara penting, ada beberapa suku dayak ini menggunakan kerbau sebagai binatang ynag dikurbankan. 2. Saat upaca para dukun menggunakan kalung dari berbagai ornamen kayu, manik, tulang dan sebagainya. 3.Pakaian berbagai warna, kadang ada beberapa suku dayak ini menggunakan daun kelapa sebagai hiasan kepala.

,,,,

Wahhh banyak sekali bukan? Sebagai orang dayak harus bangga mempunyai keanekaragaman ini, khususnya juga sebagai warga negara Indonesia,,, Tetap lestarikan dan perkenalkan budayamu sebagai aset yang penting dalam menentukan identitasmu sebagai warga negara yang peduli dengan budaya,,,

Sumber

https://www.hipwee.com/list/mengenal-7-rumpun-suku-dayak-di-pulau-kalimantan/ https://jadiberita.com/485/ternyata-suku-dayak-bukan-cuma-satu-jenis.html https://id.linkedin.com/pulse/07-rumpun-suku-budaya-dayak-di-pulau-kalimantan-alfonso-giostanov https://www.infoitah.net/2015/11/asal-mula-suku-dayak-menurut-tetek-tatum.html http://www.netralnews.com/news/rsn/read/101038/inilah.suku.dayak.punan..primitif.yang.t https://hiveminer.com/Tags/dayak%2Cmurut/Recent http://konfrontasi.com/content/budaya/kabupaten-landak-gelar-upacara-naik-dango-ke-xxx https://indonesiakehati.com/index.php/Page/ensiklopedia2_detail/277 http://www.alamy.com/stock-photo-dayak-iban-couple-sarawak-borneo-malaysia-southeast-asia-asia-27055049.html https://www.pinterest.com/pin/454722893596227555/

Komentar

Fresh