Ucapkan Selamat Tinggal Buat Facebook | OPINI.id

Kabar buruk buat para pengguna Facebook di Indonesia. Penyalahgunaan data pengguna FB bahkan lebih buruk dari dugaan semula loh!

Waduh Data Pengguna FB Indonesia Bocor

Kalau sebelumnya data kebocorannya ditaksir mencapai 50 juta, rupanya kini mencapai 87 juta dan pengguna Indonesia masuk di dalamnya. Kabar mengejutkan ini muncul dari blog resmi Chief Technology Office Facebook Mike Schroepfer ungkap jika perusahaannya telah berbagi data hingga 87 juta. Data ini dibagi dengan perusahaan konsultan politik Cambridge Analytica. Dari jumlah itu, sebagian besar pengguna yang kena dampaknya berada di Amerika Serikat. Tapi, dalam data yang disajikan ada nama Indonesia di daftar negara yang data penggunanya dibagi ke Cambridge Analytica. Jumlahnya cukup banyak loh, yaitu 1.079.031 atau sekitar 1,2 persen dari total. Angka ini membuat Indonesia masuk urutan ketiga setelah Filipina.

Menkominfo Minta Tanggungjawab Facebook

Jika data di Amerika Serikat digunakan untuk kampanye Donald Trump pada Pilpres AS 2016, di Indonesia sendiri belum tahu digunakan untuk apa. Meski begitu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku terus menghubungi pihak Facebook terkait penyalahgunaan data pengguna medsos tersebut. Ketika menghubungi media sosial buatan Mark Zuckerberg itu, Rudiantara menanyakan, apakah data yang bocor dan digunakan oleh Cambridge Analytica bersumber dari pengguna Indonesia atau bukan. Dan, apabila ada, ia meminta berapa jumlahnya. Selain itu, pemerintah juga meminta jaminan kepada Facebook sebagai Penyelenggara Sistem Elekronik (PSE) untuk mengikuti Peraturan Menteri Kominfo tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi.

Menurutmu apakah kita juga harus menghapus akun facebook?
Perlu
Nggak Perlu
2675 votes

Komentar

Fresh