Eug..Permukaan Bulan Dipenuhi Tinja? | OPINI.id

Siapa yang tahu NASA. Ini adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang selalu meneliti luar angkasa. Tapi kamu tahu gak, kalau NASA nyumbang sampah terbesar di Bulan?

Bulan Dipenuhi 187.400 Kilogram Sampah

Sampah gak cuma ditemukan di bumi aja, tapi di luar angkasa tepatnya Bulan juga ada kok. Ini adalah sampah manusia, loh kok bisa? Yeap, selama 6 kali misinya ke Bulan, NASA sudah meninggalkan 809 objek sampah. Jika kita total, setidaknya ada 187.400 kilo sampah di bulan. Selama 6 kali misinya ke Bulan, NASA telah meninggalkan sampah sebanyak 809 objek. Puing-puing itu terdiri dari peralatan ilmiah penting. Seperti modul pendaratan Bulan, enam bendera Amerika serta 4 retroflektor atau cermin di Bulan yang membantu ilmuwan mengetahui Bulan bergerak 3,8 cm lebih jauh dari Bumi setiap tahun. Yang lebih mirisnya lagi, ada juga 96 kantong kotoran manusia, air kencing dan muntah yang ditinggalkan di permukaan Bulan.

Sampah di Bulan Sudah Ada Lama

Usut punya usut, ternyata sampah yang ada di bulan itu, sudah ada lama. Terhitung sejak pertama kali manusia menginjakkan kakinya di Bulan. 10 Juli 1969 jadi momen tersebut. NASA sendiri setelah pendaratan pertamanya menggunakan Apollo 11 hingga tahun 1972, sudah bolak balik mendaratkan misinya ke satelit bumi sebagak 6 kali. Semuanya dengan misi berbeda. Tapi dibalik kesuksesannya, justru NASA malah jadi salah satu lembaga penyumbang sampah terbesar di bulan.

Apa reaksimu setelah tau kalau NASA tukang nyampah di bulan?
Kesel banget
Biasa aja
1379 votes

Komentar (3)

Fresh