Upaya Melestarikan Barong dan Rangda | OPINI.id

Barong dan rangda merupakan 2 buah warisan budaya nusantara yang dimiliki oleh Bali. Identik dengan unsur magis dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi, Barong dan Rangda Bali semakin hari semakin sepi peminat. Hal ini tidak lain adalah pengaruh perkembangan jaman yang membuat tidak sedikit anak muda dan remaja justru melupakan Barong dan Rangda sebagai salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bali. Maka penting melakukan beberapa upaya agar eksistensi Barong dan Rangda tetap terjaga

Menjaga nilai sakral yang terkandung dalam Barong dan Rangda Bali

Hal ini dianggap penting agar setiap pementasan dari Barong dan Rangda, tidak hanya membawa unsur hiburan semata, melainkan juga tetap menjunjung tinggi nilai dan pesan yang terkandung dalam tarian tersebut.

Menjaga unsur seni dalam setiap elemen dari Barong dan Rangda bali

Menjaga unsur seni yang dimaksud adalah menjaga pakem atau aturan yang sudah dibuat sedari awal, baik itu dalam ornamen pakaian, topeng, hiasan, penari, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu untuk menjaga warisan budaya agar tetap original.

Memberikan edukasi mengenai Barong dan Rangda Bali pada generasi muda sedini mungkin

Oleh karena pesatnya gempurran teknologi pada era ini, hal tersebut dikhawatirkan dapat menggerus perhatian generasi muda pada Barong dan Rangda bali. Hal tersebut turut menjadi kekhawatiran Cok Ibah selaku seniman yang juga menaruh perhatian lebih pada eksistensi Barong dan Rangda Bali. baginya, perhatian generasi muda yang semakin hari semakin menurun terhadap seni dan budaya bali tentunya htidak bisa dianggap engteng. Guna tetap menjaga eksistensi Barong dan Rangda Bali untuk generasi muda, penekanan pada edukasi adalah salah satu cra yang dapat dilakukan. Edukasi tersebut bisa melalui pendekatan secara langsung dengan generasi muda sembari menjelaskan tentang pentingnya menjaga eksistensi Barong dan Rangda Bali agar tidak punah.

Komentar

Fresh