Marah atau Emosikah? Temukan Jawabannya! | OPINI.id

Kamu sedang dalam keadaan marah atau emosi? Dua kata ini sering kali terdengar di telinga kita. Kata-kata ini sering disejajarkan dalam keadaan yang sama atau dengan kata lain ketika seseorang sedang marah, orang tersebut juga mengatakan dirinya sedang emosi atau bahkan orang-orang yang menanggapinya juga berkata “jangan emosi!”. Eits, jangan asal sebut dulu ya! Ternyata keduanya memiliki makna yang berbeda berikut penjelasannya

......

Emosi berasal dari bahasa latin yaitu emovere yang artinya bergerak menjauh. Secara keseluruhan, emosi diartikan sebagai suatu reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu. Emosi dapat juga diartikan sebagai perasaan psikologis dan mental yang muncul akibat pengaruh dari keadaan sekitarnya. Jenis-jenis emosi pun beragam, diantaranya :

Jenis-Jenis Emosi

1. Emosi positif : gembira, bangga, bahagia, harapan, dan cinta/kasih. 2. Emosi negatif : marah, takut, cemas, jijik, dan benci. 3. Emosi campuran positif dan negatif : cemburu/perasaan bersalah, heran/ingin tahu, hasrat, iba/kasihan.

...

Dari berbagai jenis emosi di atas dapat disimpulkan bahwa, kata emosi memiliki makna yang lebih luas daripada kata marah. Emosi itu sebuah sifat atau keadaan secara keseluruhan baik yang positif, negatif, maupun perpaduan keduanya. Sedangkan, marah memiliki arti bentuk emosi yang sifatnya negatif ketika kondisi di mana kehendak atau harapan seseorang tidak dapat terpenuhi karena hambatan tertentu dan apabila tidak dapat dikendalikan akan berbahaya bagi orang lain dan diri sendiri.

...

Nah itu dia, penjelasan dari perbedaan emosi dan marah. Singkatnya, marah merupakan bagian dari emosi , ketika seseorang marah maka itu merupakan salah satu bentuk penyampaian emosinya. Jadi sekarang udah tau kan bedanya penggunaan kata marah dan kata emosi? Semoga bermanfaat! Sumber : https://dosenpsikologi.com/jenis-emosi https://www.lentera.my.id/post/pengertian-emosi/ http://belajarpsikologi.com/pengertian-emosi/

Komentar (1)

Fresh